Ilustrasi Mikir Rumus Excel
Ilustrasi Mikir Rumus Excel
Jika Anda sering menggunakan aplikasi Microsoft Excel baik yang 2003, 2007 maupun yang versi terbaru, maka pasti Anda sudah tidak asing lagi menggunakan rumus-rumus Microsoft Excel yang ada dalam aplikasi tersebut. Nah sekarang pertanyaannya adalah bagaimana jika Saya seorang pemula?, bagaimana jika Saya masih belum pernah Belajar Komputer?, bagaimana jika Saya masih belum tau sama sekali membuka aplikasi pengolahan data Microsoft Excel seperti yang akan dijelaskan sekarang ini.? Tidak perlu khawatir kawan, sekarang Anda juga akan bisa mengaplikasikan rumus-rumus dalam Microsoft Excel karena panduan Belajar Microsoft Excel ini disertai dengan contoh dan gambar yang akan memudahkan Anda untuk mempraktekkannya. Baiklah tanpa harus panjang lebar, sekarang langsung Kita masuk ke materi pembahasan mengenai rumus Microsoft Excel, simak dengan baik ya kawan.

Microsoft Office Excel memang dikenal dengan penggunaan rumus-rumus atau formula dalam lembar kerjanya. Penggunaan rumus yang efektif akan memudahkan Anda dalam membuat laporan pekerjaan dengan menggunakan MS Excel. Formula atau rumus MS Excel adalah keunggulan tersendiri untuk aplikasi ini, dengan kemampuannya dalam mengolah data melalui perhitungan matematis yang sangat beragam fungsinya.

Setiap rumus di dalam MS Excel memilik fungsi tersendiri. Oleh karena itu Anda harus benar-benar memahami masing-masing fungsi dasarnya agar penggunaan rumus dalam MS Excel bisa lebih maksimal dan efisien. Jika telah paham fungsi dasarnya, Saya rasa Anda bisa berkreasi dalam meracik rumus yang sesuai dengan kebutuhan data Anda.

Cara Menulis Rumus Excel

Sebelum mengenal  rumus-rumus excel 2007, hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah bagaimana menuliskan rumus excel agar bisa benar. 
Cara 1: Menulis rumus dengan mengetikkan angka langsung
  1. Letakkan penunjuk sel pada sel tempat hasil rumus akan ditampilkan 
  2. Pada formula bar, ketikkan = 5000000+3500000, lalu tekan tombol enter.
Note : Menulis rumus dengan cara ini cukup mudah kalau rumusnya sederhana dan pendek serta angkanya tetap.
Cara 2: Menulis rumus dengan menggunakan alamat sel
  1. Letakkan penunjuk sel pada sel tempat hasil rumus ditampilkan 
  2. Pada formula bar, ketikkan = C4+C5, lalu tekan tombol enter.
Note : Menulis rumus dengan cara ini sangat bermanfaat jika datanya sering berubah.
Cara 3: Menulis rumus dengan bantuan mouse
  1. Letakkan penunjuk sel pada sel tempat hasil rumus akan ditampilkan
  2. Ketikkan = , kemudian pilih dan klik sel C4
  3. Ketik +, kemudian pilih dan klik sel C5
  4. Tekan tombol enter
Note : Menulis rumus dengan cara ini sangat dianjurkan karena memperkecil kemungkinan salah ketik alamat sel.
Nah... bagaimana mudah bukan cara menuliskan rumus excel, jika Anda sudah mahir dalam menuliskannya sekarang mari Kita lanjutkan pembahasannya. 

Operator Matematika yang Sering Digunakan (Rumus Dasar)

Rumus merupakan bagian terpenting dari Program Excel ini, karena setiap tabel dan dokumen yang Kita ketik akan selalu berhubungan dengan rumus dan fungsi. MS Excel memang sangat diunggulkan dalam menampung data-data yang bersifat numerik. Maka dari itu, di dalam MS Excel pun terdapat Operator dasar Matematika dan ini biasanya disebut sebagai rumus standar. Operator matematika yang akan sering digunakan dalam Rumus Microsoft Excel adalah sebagai berikut:

No
Operator
Fungsi
Contoh Penggunaan
1
+ (ikon plus)
Penjumlahan
=A1+A2
2
- (ikon minus)
Pengurangan
=A3-A4
3
* (ikon bintang)
Perkalian
=A5*A6
4
/ (ikon garis miring)
Pembagian
=A7/A8
5
^ (ikon caret)
Pangkat
=A9^2 (angka berapapun yang berada di cell A9 akan dipangkat 2
6
% (ikon persen)
Prosentase
=A1*10% (gunakan sesuai dengan kebutuhan)
Tabel Operator Matematika (Rumus Dasar Excel)
Tidak usah bingung, sekarang perhatikan gambar tabel yang ada dibawah ini.

Penjelasan Gambar Tabel Diatas :
  1. Mengisi Kolom Diskon
  2. Untuk mengisi kolom diskon berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan. 
    • Klik pada kolom yang akan diisikan Diskon Rp. (pada contoh ini sel yang akan digunakan adalah G6, silahkan aktifkan kolom G6)
    • Awali dengan menuliskan "=" (setiap rumus excel harus diawali menggunakan operator = tanpa tanda kutip agar dikenali sebagai fungsi)
    • Kalikan kolom E6 dengan F6 untuk mengetahui hasil persennya, bentuk penulisannya adalah =E6*F6 
    • Kemudian tekan enter untuk mengetahui hasilnya, maka akan didapat angka 30,000 pada kolom G6 tadi (30,000 adalah 20% dari 150,000)
    • Untuk menghitung rumus Diskon Rp. selanjutnya, silahkan copy format dengan cara drag pada rumus yang sudah selesai dikerjakan kemudian tarik hingga kolom G15.
    Tips : Anda bisa langsung klik kolom yang akan dikalikan tanpa harus susah payah mengetik kolom yang akan dihitung satu persatu.
  3. Mengisi Total Bayar
  4. Nah setelah selesai mengisi kolom Diskon Rp. sekarang lanjutkan dengan mengisi kolom Total Biaya.
    • Klik pada kolom yang akan diisikan Total Bayar (pada contoh ini sel yang akan digunakan adalah H6, silahkan aktifkan kolom H6)
    • Awali dengan menuliskan "=" (setiap rumus excel harus diawali menggunakan operator = tanpa tanda kutip agar dikenali sebagai fungsi)
    • Pada kolom H6 Kurangkan kolom Biaya (E6) dengan kolom Diskon Rp. (G6)  untuk mengetahui hasil pengurangannya, bentuk penulisannya adalah =E6-G6 
    • Kemudian tekan enter untuk mengetahui hasilnya, maka akan didapat hasil 120,000 pada kolom Total Bayar yang pertama.
    • Untuk menghitung rumus Total Bayar selanjutnya, silahkan copy format dengan cara drag pada rumus yang sudah selesai dikerjakan kemudian tarik hingga kolom H15.

Tips : Untuk melanjutkan mengisi kolom jumlah di bawahnya (kolom H7 dst), kita cukup memblok cell yang telah berisi rumus operator perkalian, arahkan kursor ke pojok kanan bawah cell/kolom. Tunggu hingga kursor berubah menjadi ikon (+). Setelah itu, click dan tahan lalu drag/geser ke bawah. Dengan demikian, kita telah meng-copy rumus tadi dan telah disesuaikan perubahannya untuk kolom yang akan dikalikan lagi.

Mengenal Fungsi atau Rumus Microsoft Excel

Setelah mengenal Tipe Data Microsoft Excel, dan bisa memulai menggunakan aplikasi excel sekarang Kita coba bahas rumus excel yang sering digunakan dalam dunia kerja atau administrasi perkantoran.

1. Fungsi Average


Fungsi ini digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari sekumpulan data (range). Bentuk umum penulisannya adalah ;

=AVERAGE(number1, number2,…), dimana number1, number2, dan seterusnya adalah range data yang akan dicari nilai rata-ratanya. Misalnya untuk mengisi nilai rata-rata dari range data E8 sampai G8, maka rumusnya adalah =AVERAGE(E8:G8) kemudian tekan tombol Enter.



2. Fungsi Sum

Fungsi SUM digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada suatu range. Bentuk umum penulisan fungsi ini adalah =SUM(number1, number2,…). Dimana number1, number2 dan seterusnya adalah range data yang akan dijumlahkan. Misalnya untuk menjumlahkan range data E8 sampai G8, maka rumusnya adalah =SUM(E8:G8) kemudian tekan tombol Enter.

3. Fungsi Max
Fungsi ini digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data (range). Bentuk umum penulisannya adalah ;
=MAX(number1, number2,…), dimana number1, number2, dan seterusnya adalah range data (numerik) yang akan dicari nilai tertingginya. Misalnya untuk mencari nilai maksimal dari range data E8 sampai G8, maka rumusnya adalah =MAX(E8:G8) kemudian tekan tombol Enter.

4. Fungsi Min
Fungsi Min adalah kebalikan dari fungsi Max, jika fungsi Max untuk mencari nilai tertinggi atau maksimal maka Min adalah untuk mencari nilai terkecil atau minimum dari sekumpulan data numerik. Bentuk umum penulisannya adalah ; 
=MIN(number1, number2,…), dimana number1, number2, dan seterusnya adalah range data (numerik) yang akan dicari nilai tertingginya. Sebagai contoh untuk mencari nilai terendah dari range data E8 sampai G8, maka rumusnya adalah =MIN(E8:G8) kemudian tekan tombol Enter.

5. Fungsi Count
Fungsi Count digunakan untuk menghitung jumlah data dari suatu range yang kita pilih. Bentuk umum penulisannya adalah ; 
=COUNT(number1, number2,…), dimana number1, number2, dan seterusnya adalah range data (numerik) yang akan dihitung jumlah datanya. Sebagai contoh untuk menghitung jmlah data dari range data E8 sampai G8, maka rumusnya adalah =COUNT(E8:G8) kemudian tekan tombol Enter.

6. Fungsi Logika IF
Fungsi ini digunakan jika data yang dimasukkan mempunyai kondisi tertentu. Misalnya, jika nilai sel A1=1, maka hasilnya 2, jika tidak, maka akan bernilai 0. Biasanya fungsi ini dibantu oleh operator relasi (pembanding) seperti berikut:
Lambang Fungsi
= Sama dengan
< Lebih kecil dari
> Lebih besar dari
<= Lebih kecil atau sama dengan
>= Lebih besar atau sama dengan
<> Tidak sama dengan
Bentuk umum penulisan fungsi ini adalah ;
=IF(logical_test,value_if_true,value_if_false), artinya kalau ekspresi logika (logical_test) bernilai benar, maka perintah pada value_if_true akan dilaksanakan, jika salah, maka perintah pada value_if_false yang akan dilaksanakan. Perhatikan contoh berikut:
Contoh logika IF
Contoh logika IF
Kolom keterangan diisi dengan ketentuan, jika kolom TANDA sama dengan K, maka keterangannya KAWIN, jika tidak, maka keterangan berisi TIDAK KAWIN. Ini dapat diselesaikan dengan rumus =IF(C3=”K”, “KAWIN”,”TIDAK KAWIN”). Pada rumus diatas Kita lihat bahwa jika datanya bertipe Teks/alpha numerik harus diapit oleh tanda kutip dua, lain halnya dengan tipe data numerik, tidak boleh menggunakan tanda kutip. Nah sekarang bagaimana jika ada beberapa kondisi/bertingkat (IF Bertingkat) seperti pada kasus nilai mahasiswa. Tidak perlu khawatir, langsung saja perhatikan gambar diatas pada tabel sebelah kanan. =IF(H3>=81,"A",IF(H3>=66,"B",IF(H3>=56,"C",IF(H3>40,"D","E")))), hal yang sama juga bisa dilakukan untuk mengisi kolom keterangan, dengan ketentuan, Jika nilai hurufnya sama dengan “A” maka keterangan “SANGAT MEMUASKAN, jika “B” maka “MEMUASKAN”, jika “C”, maka “CUKUP”, dan jika “D” maka bernilai “KURANG”, selain dari itu, maka bernilai “GAGAL”. Nah sekarang sudah paham kan bagaimana cara menggunakan fungsi IF, sekarang langsung dipraktekkan deh supaya tidak lupa. Semoga Tutorial Belajar Microsoft Excel kali ini bisa membantu rekan-rekan sekalian, jika ada yang perlu ditanyakan silahkan hubungi Saya melalui Email, Google+, Facebook dll.

390 Komentar

  1. terima kasih ilmunya gan, sangat membantu :D

    BalasHapus
  2. Sama-sama gan, semoga bermanfaat deh materi excelnya gan

    BalasHapus
  3. thx ya gan bwt ilmunya gan..
    membantu bgt bwt kerjaan admin yg baru gw gan..

    BalasHapus
  4. thx ya gan bwt ilmunya gan..
    membantu bgt bwt kerjaan admin yg baru gw gan..

    BalasHapus
  5. Ms.Excel Formula Book

    http://www.anafile.com/yrp1gi3lew3w.html

    BalasHapus
  6. maaf gan ane masih pemula jadi masih bingun,
    klo tanda kurungnya gunanya untuk apa?

    BalasHapus
  7. enak nih hitung persen pakai excel
    info menarik min...

    BalasHapus
  8. Terima kasih infonya... ini sangat bermanfaat buat saya, hitung hitung buat bekal tes nanti... jangan lupa kunjungi blog saya yah
    http://midahbercerita.blogspot.com

    BalasHapus
  9. TERIMAKASIH,,,,,,,,,,,,, SANGAT membantu banget rmusnya,,,,

    BalasHapus
  10. Terima kasih untuk penjelasannya rumus excelnya. Salam kenal.

    Silahkan dapatkan buku2 terbaru terbitan tahun 2015. Dan dapatkan diskonnya.

    http://www.honbookstore.com/2015/02/teknik-rahasia-microsoft-excel-untuk.html

    Silahkan kunjungi balik dan tinggal jejak alias komentar.

    -Hon Book Store-

    BalasHapus
  11. terima kasih atas ilmunya. semoga allah membalas kebaikan anda, dalam berbagi ilmu..

    BalasHapus
  12. makasih nih gan info'a, brmanfaat bgt buat ane, buat ujian praktek TIK

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih infonya. Semoga bisa saya gunakan untuk menjawab soal test kerja.

      Hapus
  13. makasih gan ilmunya bermanfaat bangt..

    BalasHapus
  14. mohon maaf sebelumnya dan terimakasih, informasi di atas memang sangat bagus dan detail secara teori, kalo boleh memberi saran alangkah lebih jelas jika tiap rumus diberi contoh penggunaan, sehingga para pemula bisa langsung mempraktekkannya.

    BalasHapus
  15. Thanks gan info nye sangat membantu buat praktek kas kecil

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. THANKS GAN BUAT ILMUNYA

    BalasHapus
  18. thanks infonya^^ sangat membantu tapi rumus IFnya sedikit ngebingungin hehe

    BalasHapus
  19. Makasih senpai salam basah crot

    BalasHapus
  20. terima kasih infonya sangat membantu :)

    BalasHapus
  21. masih bingung sm IF nya...tp mksh byk gan sgt membantu :D

    BalasHapus
  22. makasih gan ilmunya...ini sangat membantu saya.sukses gan...

    BalasHapus
  23. makasih ilmunya gan,, di tunggu contoh-contoh rumus yang lainya lhoo

    BalasHapus
  24. Thank's gan.... bermanfaat banget ilmunya....

    BalasHapus
  25. Jika rata-rata < 7, maka yang dimunculkan oleh rumus adalah "KURANG", Jika rata-rata = 7, maka yang dimunculkan oleh rumus adalah "BAIK", Jika rata-rata > 7, maka yang dimunculkan oleh rumus adalah "BAIK SEKALI".. gimana rumusnya??

    BalasHapus
  26. Thanks for the knowledge. makasih untuk ilmunya, sangat membantu

    BalasHapus
  27. bagus,bagus gua suka

    BalasHapus
  28. Thanks, ilmunya sangat membantu

    BalasHapus
  29. makasi infonya, salam berbagi http://rumus-fungsi-excel.blogspot.com/

    BalasHapus
  30. kak, untuk mengetik angka 0 pada excel gimana rumusnya ?
    mis: 0722 saya ketikkan pada excel, tapi ketika saya ketik enter yang terbuat hanya 722, angka 0 tidak timbul dalam kolom itu, tolong buatkan rumusnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo itu mba bisa pake tanda kutip 1 aja di depan angka nol nya
      Contoh '0722 terus enter dah

      Hapus
    2. Sangat membantu yg beljr excel formula spert saya.

      Hapus
  31. bagus sekali untuk dipelajari bang ;p

    BalasHapus
  32. thanks infonya. Salam blogger :)
    artikelsenang.blogspot.com

    BalasHapus
  33. kalau mencari diskon menggunakan if gimana caranya? saya masihbingung nih....

    BalasHapus
  34. visit to http://razisolutions.blogspot.com/2015/04/tutorial-how-to-break-two-different.html

    BalasHapus
  35. malam gan, maaf yg terusanya , untuk menghilangkan garis miring menjadi 124578PSMM01 di exel dan menggunakan rumus, makasih gan

    BalasHapus
  36. makasih banyak buat infonya, sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  37. Thanks gan! Ilmunya ngebantu banget alias bermanfaat! :)

    BalasHapus
  38. Thank gan, sangat bermanfaat sekali, ditunggu info2'y lagi,,,sucses sllu

    BalasHapus
  39. maaf om kalau rumus IF itu fungsi nya untuk apa saja ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. If itu untuk formula bersyarat, if=bila. Jadi kasarnya adalah terjadi, bila... Contohnya saya akan main bola, bila...cuaca cerah. Kalau di excel mungkin salah satunya jumlahkan angka di range yang telah ditentukan, yang angkanya di atas lima saja.
      Semoga membantu.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  40. wah terima kasih gan atas ilmu nya (y)

    BalasHapus
  41. ilmunya bermanfaat banget thanks gan!

    BalasHapus
  42. tq bro sangat bermanfaat sekali,,

    BalasHapus
  43. thanks a lot :)
    sangat bermanfaat

    BalasHapus
  44. thanks a lot :)
    sangat bermanfaat

    BalasHapus
  45. untuk yang ingin mendalami excel silahkan kunjungi web kami, insyaalllah kami bisa membantu

    BalasHapus
  46. Ini cara belajar microsoft excel yang mudah dengan tutorial sangat komplit, mungin akan lebih bagus lagi kalau tiap rumus dibahas lebih detil

    BalasHapus
  47. kalau boleh minta contoh lagi mas untuk yang rumus IF hehe.. terimakasih banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. If itu penggunannya sangat beragam, tapi intinya satu, formulasi bersyarat. Bisa digabung dengan fungsi lain, spwerti sum, count jadi sumif atau sumifs dan count atau countifs. Lebih baik tentukan dulu tujuannya, agar admin bisa lebih fokus membantu.

      Hapus
  48. Semoga amal sholeh Panjenengan dipun tampi klayan Gusti Allah ta'ala..

    BalasHapus
  49. lanjutkan bro,,slalu berbagi untuk sesama

    BalasHapus
  50. smoga berkah ilmu nya boy. sangat membantu sekali :D

    BalasHapus
  51. Sangat membantu artikelnya Gan..
    Terimakasih sudah berbagi, Ilmu yang bermanfaat adalah bekal untuk di akhirat. kunjungi blog saya klik www.wastarwartono.wordpress.com

    BalasHapus
  52. Sangat membantu artikelnya Gan..
    Terimakasih sudah berbagi, Ilmu yang bermanfaat adalah bekal untuk di akhirat. kunjungi blog saya klik www.wastarwartono.wordpress.com

    BalasHapus
  53. terima kasih ilmunya gan

    BalasHapus
  54. terimakasih telah berbagi gan sangat membantu sekali artikel nya
    "kaos muslim anak - kaos muslim keluarga"

    BalasHapus
  55. PERMISI TEMAN-TEMAN,NAMA SAYA PAK RIKI SEKILAS INFO: PENCINTA KUPON PUTIH SUDAH TERSEBAR LUAS DI DUNIA BAGI PENCINTA KUPON PUTIH yg belum perna merasakan kemenangan ANGKA TOGEL 2D 3D 4D silahkan hubungi AKI SALEH di nomor. 0812 ~ 8702 ~5678 saya jamin 100% tembus, anda pasti menang aku udah buktikan kho betapa hebat nya AKI SALEH meramal ANGKA TOGEL 2D 3D 4D di bandiNkan dukun yg lain semuanya cuma omong kosong. ini serius demi allah aku nga bohong....bagi yang beminat hubungi AKI SALEH di nomor. 081287025678






    ANDA BISA MENDAPATKAN KEKAYANAN MELALUI

    Pesugihan Tuyul
    Uang Ghoib
    ANgka Togel
    Dukun Pelet.

    BalasHapus
  56. saya masih bingung untuk menggunakan rumus IF

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudahnya, if adalah syarat agar formula dapat beroperasi. Secara bahasa, if dapat dijabarkan seperti ini : BILA (if) hari hujan, saya bawa payung, bila tidak hujan tidak bawa payung.
      If itu sekedar memberitahu excel, formula kita brsyarat, nah syarat yang kita buat harus dapat dibaca oleh excel agar dapat dioperasikan.

      Hapus
  57. Menggunakan rumus apa yaa ...
    Contoh Kasus :
    A1=45
    B1=20
    C1=15
    D1=Hasil

    Pertanyaanya, Jika angka pada A1 diatas angka 20 maka Hasil nya menjadi 15, Sebaliknya apabila A1 dibawah 20 maka hasilnya adalah 0

    B1 dan C1 dapat diubah sesuai kebutuhan

    Mohon pencerahannya
    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba :
      =if(a1>=20;15;0)
      Semoga membantu

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  58. cara ngopy file excel ke file excel lain agara tidak kerja 2x bagaimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salah satu cara yaitu klik ctrl+a (block all), lalu copy, di file yang baru klik cell a1, lalu paste. Kelemahannya kalau ada rumus atau formula antar sheet bisa rusak. Semoga membantu.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  59. gan cara nggunain rumus SUMIF kyak mana???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Default : =sumif(range;criteria;[sum_range])
      Penjelasan :
      Range : blok tempat kita mencari data yang telah ditentukan
      Criteria : syarat yang telah ditentukan
      Sum range : tempat data yang dijumlahkan bila syarat telah terrpenuhi.
      Untuk contoh, di excel dapat klik lambang fx di atas header sheet, tuliskan sumif.
      Semoga membantu.

      Hapus
  60. rumusnya sangat lengkap gan, artikel yang bagus (Y)

    visit ya : http://ensiklopediasli.blogspot.com

    BalasHapus
  61. thanks buat share ilmunya bg,, GBU.

    BalasHapus
  62. tks ilmunya semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  63. maaf numpang promote :

    http://birojasa-stnk-bpkb-jakarta.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  64. trma kasih gan.. sngat membantu.. izin copas gan

    BalasHapus
  65. Puyeng palaku...botak rambutku

    BalasHapus
  66. lumayan bagus nih gan

    visit: www.suryospot.blogspot.com

    BalasHapus
  67. terimakasih yah atas ilmunya,,,,

    BalasHapus
  68. izin save halaman buat belajar

    BalasHapus
  69. izin save juga.makasih ilmunya.

    BalasHapus
  70. say ingin belajar ecxel lebih dalam lagi, bisa untuk buat laporan koperasi sederhana.......gmna caranya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pelajari dan kuasai dulu fungsi dasar excel seperti if, lookup, sum, dan count. Kombinasi dari fungsi tersebut sudah sangat memadai untuk pembuatan laporan sederhana. Setelah itu tentukan alur laporan. Dan mulai susun formula pada tiap2 sheet.

      Hapus
  71. bagus kali,
    semoga artikel bermanfaat untuk awal belajar excel....
    semoga sukses

    BalasHapus
  72. Mas bisa bantu untuk perhitungan berjenjang misal u/ pembayaran air
    Contoh :
    1. Pemakaian air 1-15m3 dikali rp 100.
    2. Pemakaian air 16-30m3dikali rp 125
    3. Pemakaian air 31-50m3dikali rp 150
    4. Diatas 50m3 dikali rp 200

    Nah sy buat rumusnya gk tau
    Misal u/ pemakaian 5m3 dan 10m3 bagaimana yang simpel kita tinggal masukan angka pemakaian. Twrus langsung ketemu hasilnya

    BalasHapus
  73. Mas bisa bantu untuk perhitungan berjenjang misal u/ pembayaran air
    Contoh :
    1. Pemakaian air 1-15m3 dikali rp 100.
    2. Pemakaian air 16-30m3dikali rp 125
    3. Pemakaian air 31-50m3dikali rp 150
    4. Diatas 50m3 dikali rp 200

    Nah sy buat rumusnya gk tau
    Misal u/ pemakaian 5m3 dan 10m3 bagaimana yang simpel kita tinggal masukan angka pemakaian. Twrus langsung ketemu hasilnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anggap cell A1 itu tempat kita masukkan jumlah pemakaian airnya (bisa diganti di mana saja selama tidak si cell yang sama dengan tempat keluar hasilnya), maka :
      =if(a1<=15;a1*100;if(and(a1>15;a1<=30);a1*125;if(and(a1>30;a1<=50);a1*150;a1*200)))
      Semoga membantu.

      Hapus
  74. terimakasih banyak informasinya. rumus rumus ini sangat membantu saya dalam menghitung perhitungan yang cepat dengan excel.

    BalasHapus
  75. terima kasih banget, penjelasan di sini sangat mebantu pekerjaan saya

    BalasHapus
  76. 2 rumus exel operasi matematikia SUM dan AVERAGE ini yang paling sering digunakan. Dalam mengolah angkah 2 rumus itu adalah yang mendasar. Rumus lainnya juga penting se

    BalasHapus
  77. Gan.. ane mo tanya..
    250200=(25*(A^2))+(2*A)
    untuk A berapa ya gan..
    minta bantu pemecahan rumus dlm excel ya gan..
    trims,,

    BalasHapus
  78. Wah bermanfaat sekali tutorialnya. Kami juga ada nih tutorial Microsoft Excel beserta tutorial-tutorial lainya. Yuk kunjungi di http://primaindisoft.com/tutorial.php

    BalasHapus
  79. kalo rumusnya beda sheet gimana caranya ya?

    BalasHapus
  80. Balasan
    1. Sama saja, tinggal ketik sheet yang dituju. Agak rumit, tapi bisa pakai mouse sebagai alat bantu.

      Hapus
  81. Gan mau tanya?
    Kalo rumus utk ngitung persoalan ini gimana Gan...
    Sebuah mesin konsumsi bbm per jam 60 liter
    Kalo mesin bekerja selama 5 jam 25 menit
    Berapa liter bahan bakar yg diperlukan selama mesin bekerja??
    Mohon bantuannya Gan
    Terima kasih

    BalasHapus
  82. Lengkap banget gan info belajar excel dan rumusnya, sangat mirip dengan apa yang pernah saya pelajari waktu kursus dulu.

    BalasHapus
  83. Gan gimana agar cepat mahir excel dalam seminggu, kira kira ada tipsnya ga

    BalasHapus
  84. Terimakasih Blog ini sangat membantu Artikel yg sangat lengkap ☺

    BalasHapus
  85. gan kalo yg untuk pemula gi belum ngerti ni gan

    BalasHapus
  86. makasih banyak gan informasinya
    ane jadi lebih paham
    kalo ane ada yang kurang jelas, boleh nanya kan ya?

    http://www.oprekmotore.com/2016/01/pengincar-upside-down-xabre-150-kudu-sabar.html

    BalasHapus
  87. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  88. Terimakasih postingan ini Sangat membantu saya, terus posting hal hal yang bermanfaat lainnya ya

    BalasHapus
  89. Mantap rumus microsof excel beserta contohnya gan, sekarang saya mulai agak paham, kalo saya ada yang tidak mengerti boleh nanya kan gan..

    BalasHapus
  90. Rumusnya ada tambahan lagi tidak? Soalnya saya lagi ingin memperdalam formula microsoft excel.

    BalasHapus
  91. Rumusnya ada tambahan lagi tidak? Soalnya saya lagi ingin memperdalam formula microsoft excel.

    BalasHapus
  92. trima kasih, infonya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  93. terimakasih atas ilmunya tapi kenapa tidak ada yang mengajarkan menggunakan rumus RANK

    BalasHapus
  94. 2 artikel yang mengagumkan

    http://howto-office.blogspot.co.id/2016/01/cara-merapikan-spasi-yang-berantakan-di.html

    BalasHapus
  95. Mau nanya donks...bila A1= 2, A2=3. dan A3= A1*A2 (maka hasilnya 6)...nah bila kita ingin mengubah sel A2, agar hasilnya 8 (sehingga secara otomatis sel A2 akan berubah menjadi 4), pakai formula apa ya??mohon pencerahannya..tq

    BalasHapus
  96. Thanks Gan. Sangat membantu ...

    BalasHapus
  97. Terimakasih yaa buat ilmunya �� saya suka ... Dan mudah dimengerti , otomatis sangat membantu saya .

    BalasHapus
  98. Semoga yg komentar makin banyak...!
    Amin

    BalasHapus
  99. "Mau nanya donks...bila A1= 2, A2=3. dan A3= A1*A2 (maka hasilnya 6)...nah bila kita ingin mengubah sel A2, agar hasilnya 8 (sehingga secara otomatis sel A2 akan berubah menjadi 4), pakai formula apa ya??mohon pencerahannya..tq"
    ==============
    Logika persamaan pertama : 2 X 3 = ? ( ini masuk akal)
    Logika persamaan kedua : 2 X ? = ? ( ini tidak masuk akal, dan tidak bisa diproses, karena operasi hitung butuh minimal dua angka agar bisa diproses).
    Tapi kalau yang dimaksud adalah : 2 X ? = 8 (delapan adalah angka langsung, bukan hasil operasi atau rumus fungsi) maka sederhananya : A1 = 2 ; A2 = A3/A1 ; A3 = 8.
    =====================
    Mohon maaf bila keliru.

    BalasHapus
  100. "Gan mau tanya?
    Kalo rumus utk ngitung persoalan ini gimana Gan...
    Sebuah mesin konsumsi bbm per jam 60 liter
    Kalo mesin bekerja selama 5 jam 25 menit
    Berapa liter bahan bakar yg diperlukan selama mesin bekerja??
    Mohon bantuannya Gan
    Terima kasih "
    =========================
    A ! B ! C
    -------------------------------------------
    1 ! JAM ! MENIT ! BBM
    2 ! 1 ! 0 ! 60
    3 ! 5 ! 25 ! =C2*A3+C2/60*B3
    Hasil = 325
    ------------------------------------------------
    Penjelasan :

    ! = Batas Cell
    60 = 1 jam adalah 60 menit

    ------------------ Semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  101. Thank you Gan, sekalian mints tolong bisa share juga gak untuk cara menggunakan pivot

    BalasHapus
  102. thanks gan,bagusss bgtttttt..tambah artikel lgi gan dijamin viewers tambah ribuan hehe

    BalasHapus
  103. =IF(B4<=60,"C",IF(B4<=80,"B",IF(B4<=100,"A"))))
    ko gk bisa ya gan buat predikat untuk nilainya

    BalasHapus
  104. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  105. jika untuk mengambil kata dari suatu kalimat gimana mas,,,setelah/ sebelum tanda:

    misal : "GOES TO SARINGAN - CAMP 4 SOLUTA JULI 2013"
    hasil : "GOES TO SARINGAN "

    misal : "GOES TO SARINGAN - CAMP 4 SOLUTA JULI 2013"
    hasil : " CAMP 4 SOLUTA JULI 2013"

    BalasHapus
  106. mas ada ngak menu excel untuk menjumlah, mengurng atau mengurtkan pecaahan... kalo yang gitu udah bisa

    BalasHapus
  107. Thanks gan, sangat membantu.. Semoga bermanfaat juga bagi yang lain

    BalasHapus
  108. sy mencari rumus ME ke MW gimana ya caranya ? trims

    BalasHapus
  109. sy mencari rumus ME ke MW gimana ya caranya ? trims

    BalasHapus
  110. Terimakasih gan infonya lengkap sekali.... Ada gambarnya juga

    BalasHapus
  111. untuk rumus menghitung penggunaan air gimana?
    penggunaan 0-10 m3 = 500
    penggunaan 11-20 m3 = 600
    penggunaan 21 keatas = 700
    contoh:penggunan air sebanyak 27 m3
    uraian: 10 m3 = 5000 + 10 m3 = 6000 + 7 m3 = 4900
    total: 15900
    trimakasih

    BalasHapus
  112. untuk rumus menghitung penggunaan air gimana?
    penggunaan 0-10 m3 = 500
    penggunaan 11-20 m3 = 600
    penggunaan 21 keatas = 700
    contoh:penggunan air sebanyak 27 m3
    uraian: 10 m3 = 5000 + 10 m3 = 6000 + 7 m3 = 4900
    total: 15900
    trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gunakan "if", "and" dikombinasikan dengan <,>,<= dan >=.
      Sudah ada contoh di bagian komen.

      Hapus
  113. mau tanya,
    saya ingin langsung hasil dari
    1.300.000 - 2%
    rumus nya gimana? tanpa menampilkan 2% nya

    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. =1.300.000-1.300.000*2%
      Tulis di cell yg diinginkan

      Hapus
  114. Alhamdulillah, info berguna sekali...
    Terimakasih om admin..

    BalasHapus
  115. Alhamdulillah, info berguna sekali...
    Terimakasih om admin..

    BalasHapus
  116. Terimakasih banyak,sangat bermanfaat skali dan dapat membantu orang banyak :)

    BalasHapus
  117. Terimakasih banyak infonya yang sangat berguna.


    Salam,
    abertarental.com

    BalasHapus
  118. Terimakasih banyak infonya yang sangat berguna.


    Salam,
    abertarental.com

    BalasHapus
  119. TERIMAKSIH BANYAK, SANGAT MEMBANTU

    BalasHapus
  120. Maaf mau tanya..

    kondisi:

    4-6=C
    7-9=B
    10-12=A


    rumusnya gimana ya? mohon dibantu. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. If(and(A1>=4;A1<=6);"C";If(and(A1>=7;A1<=9);"B";"A"))

      Hapus
  121. Terimakasih atas kebaikan saudara membagikan ilmu. Semoga saudara senantiasa dalam lindungan Allah.

    BalasHapus
  122. Terimakasih informasinya....

    http://www.hauroshop.com/

    BalasHapus
  123. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  124. emm kak gimana caranya menghitung tahun ya?

    BalasHapus
  125. Thx.. sangat membantu sekali..

    BalasHapus
  126. Makasih buat infonya gan, bermanfaat .

    BalasHapus
  127. Makasih ilmunya :) Sangat membantu

    BalasHapus
  128. sipp... makasih ya buat tutorialnya.

    BalasHapus
  129. saya ada problem dengan rumus SUMIF dimana parameter data yang digunakan format numeric,
    CTH :
    Batch Qty lokasi
    000123 1 A1
    123 1 B5
    000123 1 C2
    Ke-2 batch tsb kita asumsikan berbeda, namun pada saat saya sumif masing2 batch didapatkan hasil sbb :

    Batch Qty Hasil seharusnya
    000123 3 2
    123 3 1

    Mohon pencerahannya dapat diemail di reinhard.tarihoran@gmail.com

    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gunakan sumifs, sehingga syaratnya bisa lebih dari satu. Penggunaan sumifs silakan digoogling.

      Hapus
  130. mhon bantuan dnk sy masih bingung gimana caranya agar dalam sel tdk dpt mepengarhuhi sel di bawah gimana caranya utk tidak ganggu ketikan kita di bagian bawah

    BalasHapus
  131. a4-a3+1....bagaimana rumusnya jika kedua cell nya kosong dan penjumlahannya menghasilkan angka 0

    BalasHapus
  132. bisa mintak akun emailnya
    ada yg perlu saya tanyakan

    BalasHapus
  133. Tutorial yang disampaikan memang sangat bagus dan lengkapi, Kalo bisa di lengkapi dengan Gambar min biar biar langsung mengena.
    Makasih ya.

    BalasHapus
  134. Thanks sangat membantu, cuman saya masih agak bingung krn pemula, klo bisa stiap pnjelasan diberi contoh masing2 gan,,,supaya lebih detailnya. Ok sukses sll

    BalasHapus
  135. Mau tanya gan, pada contoh gambar diatas, "RAHMAN CORPORATION" pada kolom biaya saya mau menghitung berapa kali jumlah biaya 200000 muncul, kalau pada contoh diatas ada 6 kali, bagaimana rumusnya gan, terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
  136. yuk yang mau kuliah sambil kerja di bandung
    info lebih lanjut http://politeknikpajajaran.ac.id/

    BalasHapus
  137. misal tabel harga sewa kamar dalam bentuk pembayaran dollar. cara kita ubah ke rupiah gmna ya,lupa ni... terus kan bisa di tarik dri pojok dgn kursor ya ke arah bawah langsung ktauan hasilnya sua. blz ya gan

    BalasHapus
  138. Numpang Copy Yaaa... semoga bermanfaat. :) terima kasih.

    BalasHapus

Posting Komentar