Belajar Microsoft Excel 2007
Belajar Microsoft Excel 2007
Baiklah sebelum memulai tutorial Belajar Microsoft Excel Pemula Mahir Dalam Sekejap kali ini, pastinya Anda sudah Belajar Komputer terlebih dahulu dan tidak ada salahnya Anda mengetahui terlebih dahulu apa sebenarnya Microsoft Excel yang mungkin sudah Anda sering dengar dan tidak asing di telinga Anda. Tanpa harus panjang lebar mari Kita kupas rahasia belajar Microsoft Excel baik 2003, 2007, 2010 maupun 2013

Sejarah Microsoft Excel

Pada tahun 1982, Microsoft membuat sebuah program spreadsheet yang disebut dengan Multiplan, yang sangat populer dalam sistem operasi CP/M, tapi tidak dalam sistem MS-DOS mengingat di sana sudah berdiri saingannya, yakni Lotus 1-2-3. Hal ini membuat Microsoft memulai pengembangan sebuah program spreadsheet yang baru yang disebut dengan Excel, dengan tujuan, seperti yang dikatakan oleh Doug Klunder, "do everything 1-2-3 does and do it better" melakukan apa yang dilakukan oleh 1-2-3 dan lebih baik lagi".

Versi pertama Excel dirilis untuk Macintosh pada tahun 1985 dan versi Windows-nya menyusul (dinomori versi 2.0) pada November 1987. Lotus ternyata terlambat turun ke pasar program spreadsheet untuk Windows, dan pada tahun tersebut, Lotus 1-2-3 masih berbasis MS-DOS. Pada tahun 1988, Excel pun mulai menggeser 1-2-3 dalam pangsa pasar program spreadsheet dan menjadikan Microsoft sebagai salah satu perusahaan pengembang aplikasi perangkat lunak untuk komputer pribadi yang andal. Prestasi ini mengukuhkan Microsoft sebagai kompetitor yang sangat kuat bagi 1-2-3 dan bahkan mereka mengembangkannya lebih baik lagi. Microsoft, dengan menggunakan keunggulannya, rata-rata merilis versi Excel baru setiap dua tahun sekali, dan versi Excel untuk Windows terakhir adalah Microsoft Office Excel 2013, sementara untuk Macintosh (Mac OS X), versi terakhirnya adalah Excel for Mac.

Pada awal-awal peluncurannya, Excel menjadi sasaran tuntutan perusahaan lainnya yang bergerak dalam bidang industri finansial yang telah menjual sebuah perangkat lunak yang juga memiliki nama Excel. Akhirnya, Microsoft pun mengakhiri tuntutan tersebut dengan kekalahan dan Microsoft harus mengubah nama Excel menjadi "Microsoft Excel" dalam semua rilis pers dan dokumen Microsoft. Meskipun demikian, dalam prakteknya, hal ini diabaikan dan bahkan Microsoft membeli Excel dari perusahaan yang sebelumnya menuntut mereka, sehingga penggunaan nama Excel saja tidak akan membawa masalah lagi. Microsoft juga sering menggunakan huruf XL sebagai singkatan untuk program tersebut, yang meskipun tidak umum lagi, ikon yang digunakan oleh program tersebut masih terdiri atas dua huruf tersebut (meski diberi beberapa gaya penulisan). Selain itu, ekstensi default dari spreadsheet yang dibuat oleh Microsoft Excel hingga versi 11.0 (Excel 2003) adalah *.xls sedangkan mulai Microsoft Office Excel 2007 (versi 12.0) ekstensi default-nya adalah *.xlsx yang mendukung format HTML namun dengan isi yang sama memiliki ukuran file yang lebih kecil jika dibandingkan dengan versi-versi Excel sebelumnya.

Excel menawarkan banyak keunggulan antar muka jika dibandingkan dengan program spreadsheet yang mendahuluinya, tapi esensinya masih sama dengan VisiCalc (perangkat lunak spreadsheet yang terkenal pertama kali), Sel disusun dalam baris dan kolom, serta mengandung data atau formula dengan berisi referensi absolut atau referensi relatif terhadap sel lainnya.

Excel merupakan program spreadsheet pertama yang mengizinkan pengguna untuk mendefinisikan bagaimana tampilan dari spreadsheet yang mereka sunting seperti font, atribut karakter, dan tampilan setiap sel. Excel juga menawarkan penghitungan kembali terhadap sel-sel secara cerdas, di mana hanya sel yang berkaitan dengan sel tersebut saja yang akan diperbarui nilanya (di mana program-program spreadsheet lainnya akan menghitung ulang keseluruhan data atau menunggu perintah khusus dari pengguna). Selain itu, Excel juga menawarkan fitur pengolahan grafik yang sangat baik.

Ketika pertama kali dibundel ke dalam Microsoft Office pada tahun 1993, Microsoft pun mendesain ulang tampilan antar muka yang digunakan oleh Microsoft Word dan Microsoft PowerPoint untuk mencocokkan dengan tampilan Microsoft Excel, yang pada waktu itu menjadi aplikasi spreadsheet yang paling disukai.

Sejak tahun 1993, Excel telah memiliki bahasa pemrograman Visual Basic for Applications (VBA), yang dapat menambahkan kemampuan Excel untuk melakukan automatisasi di dalam Excel dan juga menambahkan fungsi-fungsi yang dapat didefinisikan oleh pengguna UDF (User Defined Functions) untuk digunakan di dalam worksheet. Dalam versi selanjutnya, bahkan Microsoft menambahkan sebuah IDE (Integrated development environment) untuk bahasa VBA (Visual Basic Aplication) untuk Excel, sehingga memudahkan programmer untuk melakukan pembuatan program buatannya. Selain itu, Excel juga dapat merekam semua yang dilakukan oleh pengguna untuk menjadi macro, sehingga mampu melakukan automatisasi beberapa tugas. VBA juga mengizinkan pembuatan form dan kontrol yang terdapat di dalam worksheet untuk dapat berkomunikasi dengan penggunanya. Bahasa VBA juga mendukung penggunaan DLL ActiveX/COM, meski tidak dapat membuatnya. Versi VBA selanjutnya menambahkan dukungan terhadap class module sehingga mengizinkan penggunaan teknik pemrograman berorientasi objek dalam VBA

Fungsi automatisasi yang disediakan oleh VBA menjadikan Excel sebagai sebuah target virus-virus macro. Ini merupakan problem yang sangat serius dalam dunia korporasi hingga para pembuat antivirus mulai menambahkan dukungan untuk mendeteksi dan membersihkan virus-virus macro dari berkas Excel. Akhirnya, meski terlambat, Microsoft juga mengintegrasikan fungsi untuk mencegah penyalahgunaan macro dengan menonaktifkan macro secara keseluruhan, atau menngaktifkan macro ketika mengaktifkan workbook, atau mempercayai macro yang dienkripsi dengan menggunakan sertifikat digital yang tepercaya.

Versi Microsoft Excel dari Awal Sampai Sekarang

Tabel Versi Microsoft Excel

Tahun
Versi Excel
Sistem operasi
Versi Microsoft Office
1985
Excel 1.0
Apple Macintosh klasik
Tidak ada Microsoft Office
1987
Excel 2.0 for Windows
Microsoft Windows 2.0
Tidak ada Microsoft Office
1988
Excel 1.5
Apple Macintosh klasik
Tidak ada Microsoft Office
1989
Excel 2.2
Apple Macintosh klasik
Tidak ada Microsoft Office
1989
Excel 2.2
IBM OS/2
Tidak ada Microsoft Office
1990
Excel 3.0
Microsoft Windows 3.0
Tidak ada Microsoft Office
1990
Excel 3.0
Apple Macintosh
Tidak ada Microsoft Office
1991
Excel 3.0
IBM OS/2
Tidak ada Microsoft Office
1992
Excel 4.0
Microsoft Windows 3.0 dan Windows 3.1
Tidak ada Microsoft Office
1992
Excel 4.0
Apple Macintosh
Tidak ada Microsoft Office
1993
Excel 5.0
Windows 3.0, Windows 3.1, Windows 3.11, Windows for Workgroups, dan Windows NT (hanya versi 32-bit)
Microsoft Office 4.2 dan Office 4.3
1993
Excel 5.0
Apple Macintosh
Tidak ada Microsoft Office
1995
Excel 7 for Windows 95
Windows 95 dan Windows NT 3.1/3.50
Microsoft Office 95
1997
Excel 97 (Excel 8)
Windows 95, Windows NT 3.51/Windows NT 4.0
Microsoft Office 97
1998
Excel 8.0
Apple Macintosh
Microsoft Office '98 for Macintosh
1999
Excel 2000 (Excel 9)
Windows 98, Windows Me, Windows 2000
Microsoft Office 2000
2000
Excel 9.0
Apple Macintosh
Microsoft Office 2001 for Macintosh
2001
Excel 2002 (Excel 10)
Windows 98, Windows Me, Windows 2000, Windows XP
Microsoft Office XP
2001
Excel 10.0
Apple Macintosh OS X
Microsoft Office v. X
2003
Excel 2003 (Excel 11)
Windows 2000 (Service Pack 3), Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows Server 2008
Microsoft Office System 2003
2004
Excel 11.0
Apple Macintosh OS X
Microsoft Office 2004 for Macintosh
2007
Excel 2007 (Excel 12)
Microsoft Windows XP (dengan Service Pack 2 atau lebih tinggi), Windows Server 2003 (Service Pack 1), Windows Vista, serta Windows Server 2008.
Microsoft Office System 2007
2010
Excel 2010 (Excel 14)
Windows 7 Windows Vista (dengan Service Pack 2), Microsoft Windows XP, Windows Server 2008, Windows Server 2008 R2, dan Windows 8
Microsoft Office 2010
2013
Excel 2013 (Excel 15)
Windows 7 Windows Server 2008 R2 Windows Server 2012, dan Windows 8
Microsoft Office 2013 & Office 365

Format atau Extensi File Microsoft Excel

Dari pertama kali dirilis, Excel menggunakan format berkas biner yang disebut dengan Binary Interchange File Format (BIFF) sebagai format berkas utamanya. Hal ini berubah ketika Microsoft merilis Office System 2007 yang memperkenalkan Office Open XML sebagai format berkas utamanya. Office Open XML adalah sebuah berkas kontainer berbasis XML yang mirip dengan XML Spreadsheet (XMLSS), yang diperkenalkan pada Excel 2002. Berkas versi XML tidak dapat menyimpan macro VBA.

Meskipun mendukung format XML yang baru, Excel 2007 masih mendukung format-format lamanya yang masih berbasis BIFF yang tradisional. Selain itu, kebanyakan versi Microsoft Excel juga mendukung format Comma Separated Values (CSV), DBase File (DBF), SYmbolic LinK (SYLK), Data Interchange Format (DIF) dan banyak format lainnya, termasuk di antaranya format worksheet milik Lotus 1-2-3 (WKS, WK1, WK2, dan lain-lain) dan Quattro Pro.
Berikut ini adalah beberapa ekstensi Microsoft Excel :
  • *.xls, merupakan format default Microsoft Excel sebelum Excel 12. Masih berbasis format BIFF dan dapat menyimpan macro VBA.
  • *.xlt, merupakan format untuk template worksheet Microsoft Excel sebelum Excel 12. Masih berbasis format BIFF dan dapat menyimpan macro VBA.
  • *.XML, atau yang disebut sebagai XML Spreadsheet. Tidak mampu menampung macro VBA.
  • *.xla, merupakan format untuk Excel Add-in sebelum Excel 12. Masih berbasis format BIFF dan dapat menyimpan macro VBA, mengingat tujuannya adalah untuk menambahkan kemampuan Microsoft Excel.
  • *.xlsx, merupakan format default worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML. Tidak dapat menyimpan macro VBA, karena alasan keamanan. Sebenarnya merupakan sebuah arsip terkompres berformat ZIP dengan struktur dokumen yang terdiri atas dokumen teks XML. Adalah pengganti dari format .xls yang kuno.
  • *.xlsm, merupakan format worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML, tapi dapat menyimpan macro VBA.
  • *.xlsb, merupakan format worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML, tapi dikodekan dalam bentuk biner. Format ini memiliki keunggulan lebih kepat dibuka dan lebih efisien, mengingat tujuan dibuatnya format ini adalah untuk menangani worksheet yang sangat besar yang terdiri atas puluhan ribu baris atau ratusan kolom.
  • *.xltm, merupakan format untuk template worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML tapi mampu menyimpan macro VBA. Merupakan pengganti dari format*.xlt.
  • *.xlam, merupakan format untuk Excel Add-in untuk menambah kemampuan Excel 12. Secara default mampu menangani macro VBA, mengingat tujuannya adalah menambahkan kemampuan Excel.

Memulai Microsoft Excel

Untuk memulai menggunakan aplikasi Microsoft Excel, ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan diantaranya adalah sebagai berikut : 
Cara Pertama
  1. Nyalakan Komputer terlebih dahulu
  2. Klik tombol Start pada Taskbar Komputer
  3. Pilih menu All Program, Pilih Microsoft Office
  4. Kemudian klik Microsoft Excel 2007
Cara Kedua
  1. Nyalakan Komputer terlebih dahulu 
  2. Double Klik icon Microsoft Excel 2007 yang ada pada Desktop Komputer Anda.
Cara Ketiga
  1. Nyalakan Komputer terlebih dahulu 
  2. Tekan kombinasi tombol Windows (bendera di pojok kiri bawah) dan tombol R secara bersamaan (Wndows+R), maka akan muncul kotak dialog kecil di pojok kiri bawah. 
  3. Ketikkan Excel kemudian tekan tombol Enter.
Anda bebas memilih cara memulai Microsoft Excel diatas sesuai dengan selera Anda, yang terpenting adalah tindakan selanjutnya setelah Anda Belajar Microsoft Excel Untuk Pemula ini apa yang akan Anda lakukan, apakah Anda akan benar-benar mempelajari Rumus Microsoft Excel atau hanya sekedar tau kemudian Anda tutup kembali Aplikasi Microsoft Excel 2007 Anda, semua kembali kepada Anda.

Lembar Kerja Microsoft Excel

Untuk bekerja secara optimal dalam Microsoft Excel, anda harus mengenal lebih terdahulu lingkungan kerjanya sehingga hasil yang diharapkan memuaskan. Apabila anda telah berhasil menjalankan Microsoft Excel seperti langkah-langkah diatas, maka Anda akan melihat tampilan seperti berikut.
Lembar Kerja Microsoft Excel 2007
Lembar Kerja Microsoft Excel 2007
BAGIAN
PENJELASAN
Judul Window
Judul window (window title) terletak pada baris paling atas, yang menampilkan tulisan Microsoft Excel dan nama Workbook yang sedang aktif.
Office Button
Fitur yang baru didapat di Office 2007 yang berfungsi menggantikan menu File dan berlokasi di pojok kiri atas. Didalamnya berisi perintah-perintah standar seperti Open, Save, Print. Selain itu juga berisi perintah baru seperti Finish, Publish. Incpect Document.
Tab Sistem Menu
Sistem menu (menu system) merupakan sarana yang disediakan oleh Microsoft Excel untuk melakukan komunikasi antara pemakai dengannya.
Ribbon
berisi perintah-perintah khusus yang merupakan submenu dari Tab Sistem Menu.
Penggulung Sheet
Untuk melihat worksheet yang tidak tampak di layar anda dapat memanfaatkan penggulung sheet. Ada 2 macam penggulungsheet, yaitu penggulung vertikal (vertical scroll bar) untuk melihatsheet yang panjang ke bawah, dan penggulung horisontal (horizontal scroll bar) untuk menampilkan data yang melebar ke samping.
Baris Formula
Baris formula (Formula bar) menyajikan 3 informasi, yaitu :
· Pada kotak paling kiri (name box) menampilkan informasi tentang alamat atau nama dari sel atau range
· Tanda sama dengan (=) dapat dimanfaatkan untuk memperbaiki formula (rumus)
· Informasi paling kanan menampilkan isi dari suatu sel yang sedang
Judul Kolom
Judul kolom (column heading) merupakan nama kolom yang dimulai dari huruf A, B, C sampai Z kemudian sampai IV dengan total jumlah kolom sebanyak 256 (28) kolom.
Nomor Baris
Nomor baris (row number) dimulai dari nomor 1 sampai 65536 (216) Baris.
Baris Status
Baris status (status bar), menampilkan informasi yang berhubungan dengan kegiatan yang sedang dilakukan oleh Microsoft Excel dan status keyboard.
Tab Sheet
Standarnya (default), Microsoft Excel menyediakan 3 sheet. Sheet sering disebut dengan worksheet (lembar kerja), sedangkan kumpulan dari beberapa worksheet dinamakan workbook (buku kerja).
Penunjuk Sel
Penunjuk sel (sel pointer) digunakan untuk memberitahu Microsoft Excel dimana suatu aktivitas akan dilakukan, seperti memasukkan data, memformat sel, melakukan perhitungan dan sebagainya.

Tipe Data Microsoft Excel

Secara umum, Microsoft Office Excel membagi tipe data menjadi 3, yaitu labelnumerik dan formula, perhatikan tabel berikut ini.
Tipe Data Microsoft Excel
Tipe Data Microsoft Excel
Label      :
Atau string sering juga disebut sebagai alfanumerik. Data tersebut hanya menerangkan data numerik dan formula. Semua huruf dan simbul dimasukkan ke dalam data bertipe label, demikian juga halnya dengan angka yang tidak akan dihitung seperti nomor telepon.
Numerik :
Data yang hanya terdiri dari angka-angka dalam berbagai bentuk dan format. Data tipe ini dapat dihitung, misalnya harga barang, nilai mahasiswa dan sebagainya.
Formula :
Merupakan perintah untuk melakukan suatu perhitungan. Formula kurang lebih sama dengan rumus. Misalnya untuk menghitung omzet penjualan barang dan sebagainya.

Untuk mempermudah penjelasannya, silahkan perhatikan gambar diatas, tulisan PanjangLebar dan Total yang berada pada sel A3, dan A4 merupakan data bertipe label. Sementara angka 6 (nilai panjang) dan 5 (nilai lebar) adalah data bertipe numerik. Angka 30 (nilai total) merupakan hasil perkalian dari panjang dan lebar (nilai B3 kali nilai B4).  Data terakhir ini beritipe formula. Nah sekarang sudah tau bedanya kan, mana tipe data yang menggunakan Label, Numerik dan Formula.

Mengenal Fungsi atau Rumus Microsoft Excel

Setelah mengenal Tipe Data Microsoft Excel, dan bisa memulai menggunakan aplikasi excel sekarang Kita coba bahas rumus excel yang sering digunakan dalam dunia kerja atau administrasi perkantoran.

1. Fungsi Average

Fungsi ini digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari sekumpulan data (range). Bentuk umum penulisannya adalah ;

=AVERAGE(number1, number2,…), dimana number1, number2, dan seterusnya adalah range data yang akan dicari nilai rata-ratanya. Misalnya untuk mengisi nilai rata-rata dari range data E8 sampai G8, maka rumusnya adalah =AVERAGE(E8:G8) kemudian tekan tombol Enter.



2. Fungsi Sum
Fungsi SUM digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada suatu range. Bentuk umum penulisan fungsi ini adalah =SUM(number1, number2,…). Dimana number1, number2 dan seterusnya adalah range data yang akan dijumlahkan. Misalnya untuk menjumlahkan range data E8 sampai G8, maka rumusnya adalah =SUM(E8:G8) kemudian tekan tombol Enter.

3. Fungsi Max
Fungsi ini digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data (range). Bentuk umum penulisannya adalah ;
=MAX(number1, number2,…), dimana number1, number2, dan seterusnya adalah range data (numerik) yang akan dicari nilai tertingginya. Misalnya untuk mencari nilai maksimal dari range data E8 sampai G8, maka rumusnya adalah =MAX(E8:G8) kemudian tekan tombol Enter.

4. Fungsi Min
Fungsi Min adalah kebalikan dari fungsi Max, jika fungsi Max untuk mencari nilai tertinggi atau maksimal maka Min adalah untuk mencari nilai terkecil atau minimum dari sekumpulan data numerik. Bentuk umum penulisannya adalah ; 
=MIN(number1, number2,…), dimana number1, number2, dan seterusnya adalah range data (numerik) yang akan dicari nilai tertingginya. Sebagai contoh untuk mencari nilai terendah dari range data E8 sampai G8, maka rumusnya adalah =MIN(E8:G8) kemudian tekan tombol Enter.

5. Fungsi Count
Fungsi Count digunakan untuk menghitung jumlah data dari suatu range yang kita pilih. Bentuk umum penulisannya adalah ; 
=COUNT(number1, number2,…), dimana number1, number2, dan seterusnya adalah range data (numerik) yang akan dihitung jumlah datanya. Sebagai contoh untuk menghitung jmlah data dari range data E8 sampai G8, maka rumusnya adalah =COUNT(E8:G8) kemudian tekan tombol Enter.

6. Fungsi Logika IF
Fungsi ini digunakan jika data yang dimasukkan mempunyai kondisi tertentu. Misalnya, jika nilai sel A1=1, maka hasilnya 2, jika tidak, maka akan bernilai 0. Biasanya fungsi ini dibantu oleh operator relasi (pembanding) seperti berikut:
Lambang Fungsi
= Sama dengan
< Lebih kecil dari
> Lebih besar dari
<= Lebih kecil atau sama dengan
>= Lebih besar atau sama dengan
<> Tidak sama dengan
Bentuk umum penulisan fungsi ini adalah ;
=IF(logical_test,value_if_true,value_if_false), artinya kalau ekspresi logika (logical_test) bernilai benar, maka perintah pada value_if_true akan dilaksanakan, jika salah, maka perintah pada value_if_false yang akan dilaksanakan. Perhatikan contoh berikut:
Contoh logika IF
Contoh logika IF
Kolom keterangan diisi dengan ketentuan, jika kolom TANDA sama dengan K, maka keterangannya KAWIN, jika tidak, maka keterangan berisi TIDAK KAWIN. Ini dapat diselesaikan dengan rumus =IF(C3=”K”, “KAWIN”,”TIDAK KAWIN”). Pada rumus diatas Kita lihat bahwa jika datanya bertipe Teks/alpha numerik harus diapit oleh tanda kutip dua, lain halnya dengan tipe data numerik, tidak boleh menggunakan tanda kutip. Nah sekarang bagaimana jika ada beberapa kondisi/bertingkat (IF Bertingkat) seperti pada kasus nilai mahasiswa. Tidak perlu khawatir, langsung saja perhatikan gambar diatas pada tabel sebelah kanan. =IF(H3>=81,"A",IF(H3>=66,"B",IF(H3>=56,"C",IF(H3>40,"D","E")))), hal yang sama juga bisa dilakukan untuk mengisi kolom keterangan, dengan ketentuan, Jika nilai hurufnya sama dengan “A” maka keterangan “SANGAT MEMUASKAN, jika “B” maka “MEMUASKAN”, jika “C”, maka “CUKUP”, dan jika “D” maka bernilai “KURANG”, selain dari itu, maka bernilai “GAGAL”. Nah sekarang sudah paham kan bagaimana cara menggunakan fungsi IF, sekarang langsung dipraktekkan deh supaya tidak lupa.

Cara Menulis Rumus Excel

Setelah mengenal beberapa rumus excel yang sering digunakan untuk administrasi diatas, maka sekarang Kita bahas cara menuliskan rumus excel di area lembar kerja.
Cara 1: Menulis rumus dengan mengetikkan angka langsung
  • Letakkan penunjuk sel pada sel tempat hasil rumus akan ditampilkan 
  • Pada formula bar, ketikkan = 5000000+3500000, lalu tekan tombol enter.
Note : Menulis rumus dengan cara ini cukup mudah kalau rumusnya sederhana dan pendek serta angkanya tetap.

Cara 2: Menulis rumus dengan menggunakan alamat sel
  • Letakkan penunjuk sel pada sel tempat hasil rumus ditampilkan 
  • Pada formula bar, ketikkan = C4+C5, lalu tekan tombol enter.
Note : Menulis rumus dengan cara ini sangat bermanfaat jika datanya sering berubah.

Cara 3: Menulis rumus dengan bantuan mouse
  • Letakkan penunjuk sel pada sel tempat hasil rumus akan ditampilkan
  • Ketikkan = , kemudian pilih dan klik sel C4
  • Ketik +, kemudian pilih dan klik sel C5
  • Tekan tombol enter
Note : Menulis rumus dengan cara ini sangat dianjurkan karena memperkecil kemungkinan salah ketik alamat sel.

Operator Matematika yang Sering Digunakan

Rumus merupakan bagian terpenting dari Program Excel ini, karena setiap tabel dan dokumen yang Kita ketik akan selalu berhubungan dengan rumus dan fungsi. Operator matematika yang akan sering digunakan dalam rumus adalah sebagai berikut:
+ Penjumlahan
- Pengurangan
* Perkalian
/ Pembagian
^ Perpangkatan
% Persentase
Proses perhitungan akan dilakukan sesuai dengan derajat urutan dari operator ini, dimulai dari pangkat (^), kali (*), atau bagi (/), tambah (+) atau kurang (-). Jika pekerjaan Anda adalah berhubungan dengan data statistik, maka Anda akan sering menjumpai operator-operator matematika diatas.

Cara Keluar dari lembar kerja Microsoft Excel 2007

Bila Anda sudah selesai membuat atau memperbaiki workbook dan ingin keluar dari Microsoft Excel, Anda dapat menggunakan Office Button kemudian pilih Close atau dengan mengklik tanda silang yang ada pada ujung kanan atas layar. Akan tetapi jangan lupa untuk menyimpan terlebih dahulu pekerjaan Anda dengan menekan icon Save pada toolbar atau kombinasi tombol CTRL + S. Jangan lupa simak terus update mengenai tutorial belajar excel pada postingan nanti ya kawan.

Sekian dulu update mengenai Belajar Microsoft Excel Pemula Mahir Dalam Sekejap semoga bisa bermanfaat untuk Anda semuanya, jika Anda mau untuk serius dalam belajar, pastinya Microsoft Excel bukan sesuatu yang menakutkan dan jika anda mau rutin dalam berlatih, maka bisa dipastikan anda juga pasti mahir dalam microsoft excel.

Sumber :
  1. http://id.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Excel
  2. http://id.wikibooks.org/wiki/Microsoft_Excel
  3. http://www.websitekomputer.com/2014/02/belajar-microsoft-excel-2007-cepat-dan-mudah.html
  4. http://www.websitekomputer.com/2014/03/belajar-microsoft-excel-2007-cepat-dan-mudah-tahap-ii.html

309 Komentar

  1. bener nih mahir sekejap, bacanya juga mesti sambil mikir, mudah mudahan bisa mahir.. bungkus mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul ini bener bener bagus dan cocok untuk membantu kawan yang ingin belajar excel..


      visit blog tutorial membuat website _www.onphpid.com

      Hapus
  2. Langsung kirim mba fadilah, hehehe

    BalasHapus
  3. bagus neh untuk pemula,thanks ya..............

    BalasHapus
  4. bagus neh untuk pemula,thanks ya..............

    BalasHapus
  5. terimakasih banyakkk walaupun sy agak binggung jugaaa D):

    BalasHapus
  6. terima kasih banyak atas semua infonya

    BalasHapus
  7. Mahir dalam 1menit... Terimakasih

    BalasHapus
  8. tutorialnya sangat lengkap, bagus..... kunjungi juga ms access http://www.msaccessquery.com/

    BalasHapus
  9. Informasiny lengkap bnget. Jd betah nih

    BalasHapus
  10. Met sore pak, gmn formula menghitung saldo dalam akutansi...
    Dengan rumus dana masuk dikurangi dana keluar.
    Tp tidak hanya 1 baris...

    BalasHapus
  11. Sangat berguna walaupun aku ga punya komp.. Mksi bnyk..

    BalasHapus
  12. Mahir bnget sya(mahir membacanya)hehehe

    BalasHapus
  13. Mahir bnget sya(mahir membacanya)hehehe

    BalasHapus
  14. wah sep ini, kalau yang mau tutorial cara cepat belajar microsoft excel 2013 kunjungi situs ini http://mastrigus.blogspot.com/2015/04/tutorial-cara-cepat-belajar-microsoft.html

    BalasHapus
  15. Sekedar berkunjung dan baca-baca artikelnya. Salam kenal ya kang...
    Butik Komputer

    BalasHapus
  16. Wah,,abis baca jadi makin ngerti mengenai belajar excel. Kunjungi balik yaa di http://info-excel.blogspot.com

    BalasHapus
  17. Ternyata tidak sulit belajar excel ya mas

    BalasHapus
  18. mantap...untuk belajar excel dari awal, blog mas syaifurahman ini bisa jadi sumber pelajaran nih...ayo mas perbanyak lagi artikelnya
    btw ternyata ada bbrp pengungjung web saya yang berasal dari blog mas syafurahman ini...terima kasih atas kunjungan baliknya

    salam kenal
    Butik Komputer

    BalasHapus
  19. useful info and broaden,, successful greeting

    BalasHapus
  20. makasih banyak buat ilmunya, sangat bermanfaat dan menambah wawasan..

    BalasHapus
  21. infonya cukup menarik dan bermanfaat

    BalasHapus
  22. aku masi belum mudeng.buka browsing di hp sambil praktek langsung dgn pc..hadee jernihkan pemikiranku ya alloh.

    BalasHapus
  23. Karena blm trlalu ngerti, pusing baca nya.

    BalasHapus
  24. Ini sebenarnya tutorial yang paling dicari para pengguna excel baru. Lengkap dengan sejarah excelnya.

    BalasHapus
  25. infonya keren banget nich mengesankan

    BalasHapus
  26. sangat membantu gan makasih (y)

    BalasHapus
  27. lebih bagus jika dibuatkan ebooknya, makasih

    BalasHapus
  28. ngolah data kependudukan pake excel aja cukup kayaknya ya, gan?

    BalasHapus
  29. Mantab deh tutorial tentang excelnya, sangat cocok untuk dunia perbankan ni tutorialnya.

    BalasHapus
  30. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  31. makasih ilmunya.membantu banget gan

    BalasHapus
  32. Lengkap sekali tutornya.. sangat membantu bagi yang baru belajar excel.

    Bagi yang berminat belajar komputer administrasi binis bisa dilihat di situs berikut ini Belajar Komputer Administrasi Bisnis

    BalasHapus
  33. lengkap bgt tutorial belajar komputer nya gan, mudah di pahami ap lg dilengkapi dgn gambar jd lebih menarik

    BalasHapus
  34. terima kasih
    sangat membantu
    :)

    BalasHapus
  35. Terimakasih artikelnya sangat membantu sekali. semoga bermanfaat gan.

    visit : http://www.rajalistrik.com/

    BalasHapus
  36. makasih banget, bos tambahan ilmunya. moga manfaat.

    BalasHapus
  37. Makasih atas ilmunya ber manfaat sekali..

    BalasHapus
  38. Bagi teman-teman yang mau ebooknya, silahkan download disini. Belajar Excel 2007

    http://andikamingo.blogspot.com

    BalasHapus
  39. Alhamdulillah, jadi teringat lagi. Dulu sy lumayan jago excel, tp karena skrg jarang dipakai, jadi lupa deh. Tp skrg, sy mau saya call back ilmu excel yg sudah menjauh... Bungkus yaa.

    BalasHapus
  40. ya udah dehh . gampang aja ya . huhu

    BalasHapus
  41. belum aku baca tapi Syaifurahman keren...

    BalasHapus
  42. Terima kasih
    Sangat bermanfaat
    Jazakallahu khairan .....

    BalasHapus
  43. Thanks Bos, tapi ga bisa cepet belajarnya yah

    BalasHapus
  44. bermanfaat sekali... terimakasih

    BalasHapus
  45. makasih ya, sukses terus! saya banyak dpt pelajaran dan masukan dari membaca postingan ini, salam kenal dari saya Arumy, admin blog RPP, thanks

    BalasHapus
  46. Infonya sangat bermanfaat,
    Jangan mau ketinggalan dengan Update terbaru seputar Office 365 Silahkan kunjungi website kami..

    BalasHapus
  47. gan, izin copas ya.. maklum ane masih newbie. :D

    BalasHapus
  48. Sip gan.. Lanjutkan ...

    www.duniateknologi.web.id

    BalasHapus
  49. terimakasih tipsnya :} sukses terus ya! mampir ke blog aku http://situsrpp.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  50. admin, saya mau tanya:
    contoh kasus:
    Cell A1 (nilai) berisi data 70
    Cell B1 (remedial) berisi data kosong
    Cell C1 (nilai akhir)
    KKM (anggap cell D1)= 75
    pertanyaannya:
    sayang ingin mengisi data di nilai akhir dengan ketentuan sebagai berikut:
    * Jika nilai remedial kosong, maka nilai akhir diisi dengan nilai (70)
    * jika nilai remedial lebih besar dari kkm (75) maka nilai akhir diisi dengan KKM (75)
    * jika nilai remedial lebih besar dari nilai (70), maka nilai akhir diisi dengan KKM (75)
    formula yang tepat untuk menjawab kasus diatas dengan apa yah.... tolong admin atau teman yang lain pencerahannya
    terima kasih

    BalasHapus
  51. Kunjungi situs www.santridrajat.com

    Tutorial Komputer dan Internet...

    BalasHapus
  52. KEREN.. ILMU SANGAT BERMANFAAT

    BalasHapus

  53. Wah ide yang sangat bagus, makasih atas infonya

    BalasHapus
  54. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  55. Panjang bgt jd pusing hehe..tp makasih atas tutorialnya

    BalasHapus
  56. bingung ngerjain if numerik, setelah lihat blog ini jadi beres dah, makasih banyak..

    BalasHapus
  57. Artikel belajar microsoft excel yang cukup padat, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  58. trimakasih banyak sangat membantu , sayang blohnya ngak dupdate
    http://howto-office.blogspot.co.id/2016/02/cara-mudah-print-lembar-kerja-ms-excel.html

    BalasHapus
  59. sangat membantu bagi orang baru mengenal microsoft excel

    BalasHapus

  60. terimakasih Info yang menarik.. Kami menyediakan
    Seragam Sekolah murah berkualitas.

    BalasHapus
  61. Terima kasih infonya, sangat berguna. :)

    BalasHapus
  62. Fungsi IF digabung AND bagaimana mas??
    http://webartikelinformasi.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  63. terima kasih gan iklan nya sangat bermanfaat
    mampir ke sini gan http://www.ariskomputer.com
    http://www.tangsel.ariskompute.com

    BalasHapus
  64. terimaksih gan artikel nya sangat bermanfaat ilmu microsof exel .
    kunjungi lin kami gan http://www.ariskomputer.com
    http://www.tangsel.ariskomputer.com

    BalasHapus
  65. met malam pak saya microsof excelnya tulisan kolonya A ke Z dari kanan kekiri.
    biasanya dari kiri ke kanan
    mohon untuk solusiny byr kembali seperti semula
    thanks

    BalasHapus
  66. met malam pak saya microsof excelnya tulisan kolonya A ke Z dari kanan kekiri.
    biasanya dari kiri ke kanan
    mohon untuk solusiny byr kembali seperti semula
    thanks

    BalasHapus
  67. Salam kenal semua. Terima kasih artikelnya, membantu saya yang sedang belajar microsoft excel

    BalasHapus
  68. Terimakasih atas informasinya, salam dari http://goo.gl/hlvymQ
    International Conference 2016

    BalasHapus
  69. mantap maju terus
    2016 masih belajar exel yoi ilmu dasar siapa takut,
    mantap keren gan, para pembaca jangan takut belajar.
    salam pantang bodoh yess

    BalasHapus
  70. Nice Artikel Om ,
    Kunbal Om admin ,
    Jasa Service Komputer / Laptop Murah
    http://corel-computer.blogspot.com
    http://corelcomputerblog.wordpress.com :)

    BalasHapus
  71. sangat bermanfaat sekali thanks

    BalasHapus
  72. Masih gak jelasssssssssssssssssssssssssssssssssssssssss

    BalasHapus
  73. Tks gan Ane Coba dulu ya
    .
    .
    jangan lupa mampir jg ya: biigbiz.co.id/demowebsite

    BalasHapus
  74. Di tunggu article yang lainnya min, buat yang pemula berguna sekali

    BalasHapus
  75. wah sayang sekali postingnya cuman beberapa aja, padahal sangat membantu.
    oia untuk pemula bisa juga baca tutorial excel di assalamprint.blogspot.com

    BalasHapus
  76. Makasih gan ....
    sangat memebantu

    BalasHapus
  77. Sambi praktek sehrusnya..,

    BalasHapus
  78. Terimakasih Gan, disedot ilmunya, sangat membantu
    Sayangnya hanya beberapa artikel saja ya.

    BalasHapus
  79. Kapan lanjutannya mas? sangat menriak sekali.

    BalasHapus
  80. Maksih... kalo ada step" mudah n enak kaya gini kasih tau ya lewat email aku>> erlinasari.nes@gmail.com
    makasih

    BalasHapus
  81. Terimaskasih atas info yang telah di Shere, sangat berguna dan embantu Min.

    BalasHapus
  82. Terimakasih banyak ini sangat membantu

    BalasHapus
  83. Mantap gan, klw artikelnya diperbanyak pasti lebih mantap lagi...

    BalasHapus
  84. makasih utk artikelnya, dan mohon ijin utk mengcopy artikelnya.. smg brmanfaat..

    BalasHapus
  85. yuk yang mau kuliah sambil kerja di bandung
    info lebih lanjut http://politeknikpajajaran.ac.id/

    BalasHapus
  86. asikkk gan nambah juga ilmu saya jadi banyak ilmunya dalam mempelajari excel
    http://cepat-office.blogspot.com/

    BalasHapus
  87. Yang ini =

    Cara 1: Menulis rumus dengan mengetikkan angka langsung
    Letakkan penunjuk sel pada sel tempat hasil rumus akan ditampilkan
    Pada formula bar, ketikkan = 5000000+3500000, lalu tekan tombol enter.

    teknik di atas sering digunakan tiap hari, masalah kerjaan, oh ya kalau masalah filter data, silakan kunjungi di http://www.blogkopinet.web.id/2016/08/cara-filter-data-di-tabel-excel.html

    BalasHapus
  88. terima kasih, lumayan bisa buat pembelajaran tentang excel bagi anak saya

    BalasHapus
  89. wah lengkap banget nih penjelasannya, good job

    BalasHapus
  90. bagus informasinya mudah dimengerti..
    tq min

    BalasHapus
  91. cara filter berdasarkan "kata" yang ada dalam satu kalimat gmn yaa? (satu cells)

    BalasHapus
  92. cara cepat biar bisa ngerjakan data data dalam bentuk tabel gimana ya..bantu dong ....baru belajar soalnya

    BalasHapus
  93. cara cepat biar bisa ngerjakan data data dalam bentuk tabel gimana ya..bantu dong ....baru belajar soalnya

    BalasHapus
  94. Cukup lengkap dan padat artikel nya. bungkus dan salam kenal :)

    BalasHapus
  95. Pantes saja Ranking satu. Ternyata isinya sangat lengkap dan padat sekali. Tutorial Excel dalam sekejap beneran. Kalo saya mbahasnya cuma sedikit, tentang Mengenal Microsoft Excel Untuk Pemula. Thanks bos, artikel anda sangat menginspirasi saya. Sukses buat anda

    BalasHapus
  96. Makasih ya kak, ini sangat membantu della semoga tuhan yg membalasnya.....

    BalasHapus
  97. Cliiing....... Sekejap banget bacanya.... langsung tarik2 kebawah.... panjang bangetttt

    BalasHapus
  98. terima kasih banyak atas infonya
    salam persahabtan dari resep kita bersama
    blog resep masakan

    BalasHapus
  99. MANTAP info tentang ini sangat membantu saya dalam belajar menggunakan microsoft excel ini

    BalasHapus
  100. gan saya minta bantuannya donk klo misalkan gini gan gimana y perumusannya, minimal point 140 dapat 1, dan seterusnya

    BalasHapus
  101. Fungsi sum gimana mas.
    pandaivb.blogspot.com

    BalasHapus
  102. wow ternyata mikrosoft excel paling mudah dikerjakan

    BalasHapus
  103. Makasih artikelnya bagus. Kunjungi juga kemari yah
    http://pandaivb.blogspot.co.id

    BalasHapus
  104. Nice artikel.. Salam berbagi ilmuhttp://belajarmicrosoftexceloffice.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  105. nice artikel.. salam berbagi ilmu

    http://belajarmicrosoftexceloffice.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  106. gan..minta tolong rumus untuk mengetahui umur atau usia ya.hatur nuwun

    BalasHapus
  107. saya akan membuat form isian sebanyak 10 nomor dengan menggunakan option button pada excel 2010. masing-masing nomor terdiri dari 4 opsi yaitu 1; 2; 3 dan 4. namun untuk mengulangi jawaban pada isian nomor 2, opsi yang muncul bukan angka 1; 2; 3; dan 4 tetapi yang muncul angka 5; 6; 7 dan 8. Yang menjadi pertanyaan bagaimana membuat opsi pada masing-masing nomor isian menjadi 1; 2; 3 dan 4 dan seterunya secara berulang pada setiap nomor isian? atas penjelasannya saya ucapkan terimakasih.

    BalasHapus
  108. assalamualaikum. terima kasih infonya,sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  109. assalamualaikum. terima kasih infonya,sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  110. wah mantap gan ilmunya jangan lupa mampir ke gubuk ane
    http://jdm95.blogspot.com

    BalasHapus
  111. Artikelnya sangat bermanfaat...terima kasih.
    Perkenalkan kami dari natian furniture meja direktur jati menjual produk furniture jati, bermacam macam model dan disaign

    BalasHapus
  112. terimakasih atas informasinya, sangat membantu
    www.lemaripajanganjepara.com

    BalasHapus
  113. artikelnya bermanfaat gan!

    Saya jual databse murah no handphone pengusaha, kartu kredit, deposito satu Indonesia dengan lebih dari 1,1 juta no handphone
    silahkan kunjungi www.databasemurah.wordpress.com

    BalasHapus
  114. Cakep nii broo... terimakasih
    Ipelmasupa.blogspot.com

    BalasHapus
  115. Cakep nii broo... terimakasih
    Ipelmasupa.blogspot.com

    BalasHapus
  116. Artikel yang bermanfaat,,,terima kasih

    BalasHapus
  117. dari dulu ampe sekarang ane gak bisa bisa kalau masalah excel gan ,,

    BalasHapus
  118. lengkap banget kak datanya, wah ijin copas buat tambahan makalah ane nih
    oiya barangkali membutuhkan sewa rental laptop untuk acara atau mungkin yang mau kerjasama silahkan kunjungi http://sewalaptop.id ya

    BalasHapus
  119. misalkan di sheet 1 ada nama dan kode , pada sheet 2 ada nama, kode, dan no hp. gimana caranya agar mengisi sheet 1 dengan cepat. sedangkan data di sheet 2 berantakan. tujuannya untuk mencari no hp tersebut saja.

    BalasHapus
  120. https://www.youtube.com/edit?o=U&video_id=L--mYBrW5WA

    BalasHapus
  121. Alhamdulilah,terimakasih ya ilmunya☺️

    BalasHapus
  122. terimakasih ilmunya bos,, meskipun pusing mikirnya, tapi sangat membantu.

    BalasHapus
  123. komplet penjelasanya gan,,,makasih

    BalasHapus
  124. SALAM DARI NO 3 TAKUT GELAP BOOM!

    BalasHapus
  125. terima kasih infonya dan tipsnya ya, sangat berguna sekali untuk pemula yang mau belajar, kunjungi juga www.pemasangan.com

    BalasHapus
  126. https://howto-office.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  127. makasih bang infonya brmanfaat

    BalasHapus
  128. WWW.BAVETLINEOKE.COM BIG PROMO HARI INI!!!!!!

    BAVETLINEOKE.COM PROMO GILA!!!
    SEGERA DEPO SEKARANG JUGA BOSS!!!

    Prediksi skor pertandingan 05 April 2017
    Manchester United vs Everton 2:0 (Manchester United)

    MASUKAN KODE REFERAL: "BAVETL04" HANYA DEPO 70RB DAPAT 100RB LANGSUNG!!!
    Website : WWW.BAVETLINEOKE.COM

    BalasHapus
  129. Finding this blog was one of the best things i did today, i have had the chance to read and know a lot about Microsoft. Your post is such a nice one, and it would be an honor to see more from you.
    4 Set Cube shelves

    BalasHapus
  130. Dalam blog sederhana ini saya menyajikan tutorial office khusus excel dan word. Dengan kategori postingan belajar microsoft excel Anda bisa melihat fungsi/rumus yang sederhana hingga yang lumayan rumit, cocok untuk pemula sampai advance. Blog sederhana ini saya dedikasikan khusus untuk pembaca!

    BalasHapus
  131. terima kasih mas telah berbagi ilmu, saya langsung bisa belajarnya :D

    BalasHapus
  132. Gan q blm ngerti bgt mngenai =IF
    Tolong gan ajari q br ngerti bgt.... trims

    BalasHapus

Posting Komentar