Ilustrasi Mikir Rumus Excel
Ilustrasi Mikir Rumus Excel
Jika Anda sering menggunakan aplikasi Microsoft Excel baik yang 2003, 2007 maupun yang versi terbaru, maka pasti Anda sudah tidak asing lagi menggunakan rumus-rumus Microsoft Excel yang ada dalam aplikasi tersebut. Nah sekarang pertanyaannya adalah bagaimana jika Saya seorang pemula?, bagaimana jika Saya masih belum pernah Belajar Komputer?, bagaimana jika Saya masih belum tau sama sekali membuka aplikasi pengolahan data Microsoft Excel seperti yang akan dijelaskan sekarang ini.? Tidak perlu khawatir kawan, sekarang Anda juga akan bisa mengaplikasikan rumus-rumus dalam Microsoft Excel karena panduan Belajar Microsoft Excel ini disertai dengan contoh dan gambar yang akan memudahkan Anda untuk mempraktekkannya. Baiklah tanpa harus panjang lebar, sekarang langsung Kita masuk ke materi pembahasan mengenai rumus Microsoft Excel, simak dengan baik ya kawan.

Microsoft Office Excel memang dikenal dengan penggunaan rumus-rumus atau formula dalam lembar kerjanya. Penggunaan rumus yang efektif akan memudahkan Anda dalam membuat laporan pekerjaan dengan menggunakan MS Excel. Formula atau rumus MS Excel adalah keunggulan tersendiri untuk aplikasi ini, dengan kemampuannya dalam mengolah data melalui perhitungan matematis yang sangat beragam fungsinya.

Setiap rumus di dalam MS Excel memilik fungsi tersendiri. Oleh karena itu Anda harus benar-benar memahami masing-masing fungsi dasarnya agar penggunaan rumus dalam MS Excel bisa lebih maksimal dan efisien. Jika telah paham fungsi dasarnya, Saya rasa Anda bisa berkreasi dalam meracik rumus yang sesuai dengan kebutuhan data Anda.

Cara Menulis Rumus Excel

Sebelum mengenal  rumus-rumus excel 2007, hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah bagaimana menuliskan rumus excel agar bisa benar. 
Cara 1: Menulis rumus dengan mengetikkan angka langsung
  1. Letakkan penunjuk sel pada sel tempat hasil rumus akan ditampilkan 
  2. Pada formula bar, ketikkan = 5000000+3500000, lalu tekan tombol enter.
Note : Menulis rumus dengan cara ini cukup mudah kalau rumusnya sederhana dan pendek serta angkanya tetap.
Cara 2: Menulis rumus dengan menggunakan alamat sel
  1. Letakkan penunjuk sel pada sel tempat hasil rumus ditampilkan 
  2. Pada formula bar, ketikkan = C4+C5, lalu tekan tombol enter.
Note : Menulis rumus dengan cara ini sangat bermanfaat jika datanya sering berubah.
Cara 3: Menulis rumus dengan bantuan mouse
  1. Letakkan penunjuk sel pada sel tempat hasil rumus akan ditampilkan
  2. Ketikkan = , kemudian pilih dan klik sel C4
  3. Ketik +, kemudian pilih dan klik sel C5
  4. Tekan tombol enter
Note : Menulis rumus dengan cara ini sangat dianjurkan karena memperkecil kemungkinan salah ketik alamat sel.
Nah... bagaimana mudah bukan cara menuliskan rumus excel, jika Anda sudah mahir dalam menuliskannya sekarang mari Kita lanjutkan pembahasannya. 

Operator Matematika yang Sering Digunakan (Rumus Dasar)

Rumus merupakan bagian terpenting dari Program Excel ini, karena setiap tabel dan dokumen yang Kita ketik akan selalu berhubungan dengan rumus dan fungsi. MS Excel memang sangat diunggulkan dalam menampung data-data yang bersifat numerik. Maka dari itu, di dalam MS Excel pun terdapat Operator dasar Matematika dan ini biasanya disebut sebagai rumus standar. Operator matematika yang akan sering digunakan dalam Rumus Microsoft Excel adalah sebagai berikut:

No
Operator
Fungsi
Contoh Penggunaan
1
+ (ikon plus)
Penjumlahan
=A1+A2
2
- (ikon minus)
Pengurangan
=A3-A4
3
* (ikon bintang)
Perkalian
=A5*A6
4
/ (ikon garis miring)
Pembagian
=A7/A8
5
^ (ikon caret)
Pangkat
=A9^2 (angka berapapun yang berada di cell A9 akan dipangkat 2
6
% (ikon persen)
Prosentase
=A1*10% (gunakan sesuai dengan kebutuhan)
Tabel Operator Matematika (Rumus Dasar Excel)
Tidak usah bingung, sekarang perhatikan gambar tabel yang ada dibawah ini.

Penjelasan Gambar Tabel Diatas :
  1. Mengisi Kolom Diskon
  2. Untuk mengisi kolom diskon berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan. 
    • Klik pada kolom yang akan diisikan Diskon Rp. (pada contoh ini sel yang akan digunakan adalah G6, silahkan aktifkan kolom G6)
    • Awali dengan menuliskan "=" (setiap rumus excel harus diawali menggunakan operator = tanpa tanda kutip agar dikenali sebagai fungsi)
    • Kalikan kolom E6 dengan F6 untuk mengetahui hasil persennya, bentuk penulisannya adalah =E6*F6 
    • Kemudian tekan enter untuk mengetahui hasilnya, maka akan didapat angka 30,000 pada kolom G6 tadi (30,000 adalah 20% dari 150,000)
    • Untuk menghitung rumus Diskon Rp. selanjutnya, silahkan copy format dengan cara drag pada rumus yang sudah selesai dikerjakan kemudian tarik hingga kolom G15.
    Tips : Anda bisa langsung klik kolom yang akan dikalikan tanpa harus susah payah mengetik kolom yang akan dihitung satu persatu.
  3. Mengisi Total Bayar
  4. Nah setelah selesai mengisi kolom Diskon Rp. sekarang lanjutkan dengan mengisi kolom Total Biaya.
    • Klik pada kolom yang akan diisikan Total Bayar (pada contoh ini sel yang akan digunakan adalah H6, silahkan aktifkan kolom H6)
    • Awali dengan menuliskan "=" (setiap rumus excel harus diawali menggunakan operator = tanpa tanda kutip agar dikenali sebagai fungsi)
    • Pada kolom H6 Kurangkan kolom Biaya (E6) dengan kolom Diskon Rp. (G6)  untuk mengetahui hasil pengurangannya, bentuk penulisannya adalah =E6-G6 
    • Kemudian tekan enter untuk mengetahui hasilnya, maka akan didapat hasil 120,000 pada kolom Total Bayar yang pertama.
    • Untuk menghitung rumus Total Bayar selanjutnya, silahkan copy format dengan cara drag pada rumus yang sudah selesai dikerjakan kemudian tarik hingga kolom H15.

Tips : Untuk melanjutkan mengisi kolom jumlah di bawahnya (kolom H7 dst), kita cukup memblok cell yang telah berisi rumus operator perkalian, arahkan kursor ke pojok kanan bawah cell/kolom. Tunggu hingga kursor berubah menjadi ikon (+). Setelah itu, click dan tahan lalu drag/geser ke bawah. Dengan demikian, kita telah meng-copy rumus tadi dan telah disesuaikan perubahannya untuk kolom yang akan dikalikan lagi.

Mengenal Fungsi atau Rumus Microsoft Excel

Setelah mengenal Tipe Data Microsoft Excel, dan bisa memulai menggunakan aplikasi excel sekarang Kita coba bahas rumus excel yang sering digunakan dalam dunia kerja atau administrasi perkantoran.

1. Fungsi Average


Fungsi ini digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari sekumpulan data (range). Bentuk umum penulisannya adalah ;

=AVERAGE(number1, number2,…), dimana number1, number2, dan seterusnya adalah range data yang akan dicari nilai rata-ratanya. Misalnya untuk mengisi nilai rata-rata dari range data E8 sampai G8, maka rumusnya adalah =AVERAGE(E8:G8) kemudian tekan tombol Enter.



2. Fungsi Sum

Fungsi SUM digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada suatu range. Bentuk umum penulisan fungsi ini adalah =SUM(number1, number2,…). Dimana number1, number2 dan seterusnya adalah range data yang akan dijumlahkan. Misalnya untuk menjumlahkan range data E8 sampai G8, maka rumusnya adalah =SUM(E8:G8) kemudian tekan tombol Enter.

3. Fungsi Max
Fungsi ini digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data (range). Bentuk umum penulisannya adalah ;
=MAX(number1, number2,…), dimana number1, number2, dan seterusnya adalah range data (numerik) yang akan dicari nilai tertingginya. Misalnya untuk mencari nilai maksimal dari range data E8 sampai G8, maka rumusnya adalah =MAX(E8:G8) kemudian tekan tombol Enter.

4. Fungsi Min
Fungsi Min adalah kebalikan dari fungsi Max, jika fungsi Max untuk mencari nilai tertinggi atau maksimal maka Min adalah untuk mencari nilai terkecil atau minimum dari sekumpulan data numerik. Bentuk umum penulisannya adalah ; 
=MIN(number1, number2,…), dimana number1, number2, dan seterusnya adalah range data (numerik) yang akan dicari nilai tertingginya. Sebagai contoh untuk mencari nilai terendah dari range data E8 sampai G8, maka rumusnya adalah =MIN(E8:G8) kemudian tekan tombol Enter.

5. Fungsi Count
Fungsi Count digunakan untuk menghitung jumlah data dari suatu range yang kita pilih. Bentuk umum penulisannya adalah ; 
=COUNT(number1, number2,…), dimana number1, number2, dan seterusnya adalah range data (numerik) yang akan dihitung jumlah datanya. Sebagai contoh untuk menghitung jmlah data dari range data E8 sampai G8, maka rumusnya adalah =COUNT(E8:G8) kemudian tekan tombol Enter.

6. Fungsi Logika IF
Fungsi ini digunakan jika data yang dimasukkan mempunyai kondisi tertentu. Misalnya, jika nilai sel A1=1, maka hasilnya 2, jika tidak, maka akan bernilai 0. Biasanya fungsi ini dibantu oleh operator relasi (pembanding) seperti berikut:
Lambang Fungsi
= Sama dengan
< Lebih kecil dari
> Lebih besar dari
<= Lebih kecil atau sama dengan
>= Lebih besar atau sama dengan
<> Tidak sama dengan
Bentuk umum penulisan fungsi ini adalah ;
=IF(logical_test,value_if_true,value_if_false), artinya kalau ekspresi logika (logical_test) bernilai benar, maka perintah pada value_if_true akan dilaksanakan, jika salah, maka perintah pada value_if_false yang akan dilaksanakan. Perhatikan contoh berikut:
Contoh logika IF
Contoh logika IF
Kolom keterangan diisi dengan ketentuan, jika kolom TANDA sama dengan K, maka keterangannya KAWIN, jika tidak, maka keterangan berisi TIDAK KAWIN. Ini dapat diselesaikan dengan rumus =IF(C3=”K”, “KAWIN”,”TIDAK KAWIN”). Pada rumus diatas Kita lihat bahwa jika datanya bertipe Teks/alpha numerik harus diapit oleh tanda kutip dua, lain halnya dengan tipe data numerik, tidak boleh menggunakan tanda kutip. Nah sekarang bagaimana jika ada beberapa kondisi/bertingkat (IF Bertingkat) seperti pada kasus nilai mahasiswa. Tidak perlu khawatir, langsung saja perhatikan gambar diatas pada tabel sebelah kanan. =IF(H3>=81,"A",IF(H3>=66,"B",IF(H3>=56,"C",IF(H3>40,"D","E")))), hal yang sama juga bisa dilakukan untuk mengisi kolom keterangan, dengan ketentuan, Jika nilai hurufnya sama dengan “A” maka keterangan “SANGAT MEMUASKAN, jika “B” maka “MEMUASKAN”, jika “C”, maka “CUKUP”, dan jika “D” maka bernilai “KURANG”, selain dari itu, maka bernilai “GAGAL”. Nah sekarang sudah paham kan bagaimana cara menggunakan fungsi IF, sekarang langsung dipraktekkan deh supaya tidak lupa. Semoga Tutorial Belajar Microsoft Excel kali ini bisa membantu rekan-rekan sekalian, jika ada yang perlu ditanyakan silahkan hubungi Saya melalui Email, Google+, Facebook dll.

390 Komentar

  1. Otomatis bedasarkan apa dulu nih. Kalau bicara otomatis, ya harus ada pemicunya.
    Yang jadi masalah, sampai saat ini, setahu saya excel belum ada fasilitas tanggal otomoatis yang statis / tetap, kecuali main vbe.

    BalasHapus
  2. Pakai if dan and saja. Merujuk pada kesua cell, bila cell kosong, hasilnya harus nol. Kalau tidak, berlaku rumus.
    =if(and(a4="";a3="");0;a4-a3+1))

    BalasHapus
  3. sangat bermanfaat. makasi min. tutornya sangat jelas dan mudah dipahami. sukses slalu.

    BalasHapus
  4. mantap!!!! saya suka nambah informasi untuk blajar lebih banyak excel

    BalasHapus
  5. Asaalamualaikum maaf kk mau nanya klo untuk rumus VLOOKUP atau HLOOKUP ad syarat tidak

    BalasHapus
  6. Asaalamualaikum maaf kk mau nanya klo untuk rumus VLOOKUP atau HLOOKUP ad syarat tidak

    BalasHapus
  7. Asaalamualaikum maaf kk mau nanya klo untuk rumus VLOOKUP atau HLOOKUP ad syarat tidak

    BalasHapus
  8. Asaalamualaikum maaf kk mau nanya klo untuk rumus VLOOKUP atau HLOOKUP ad syarat tidak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syarat pertama yang membedakan hlookup dan vlookup adalah bentuk tabelnya. Bila hlookup headernya ada di samping, sedang vlookup headernya ada di atas. Sisanya hanya perlu latihan saja.

      Hapus
  9. syaratnya harus ada table.. dan satu patokan yang sama.. misalkan mau menghitung harga total pembelian barang apa dan barang apa sesuai nominal memakai acuan nama barang.. database harganya dibuat sendiri

    BalasHapus
  10. Merubah lambang mata uangnya atau nilai uangnya?
    Kalau simbolnya, busa setting format cell, kalau nilai uangnya kalikan dengan nilai tukar yang berlaku.

    BalasHapus
  11. =countif([blok cell2 yang dimaksud]);200000)

    BalasHapus
  12. Beli buku excel yang isinya proyek bikin laporan keuangan. Biasanya formulanya bervariasi dan kompleks.

    BalasHapus
  13. bagus informasinya mudah dimengerti..
    tq min

    BalasHapus
  14. permisi mo tny tentang rumus PERKALIAN
    jika kasusnya di A3 tulisannya "1 batang" lalu di B3 tulisannya "2", maka rumus di C3 apa ya?

    BalasHapus
  15. mantap,,,makasih ilmu yang anda bagikan!!!
    .....masih 1,2,3,4.......pertanyaan bagai mana cara menghubungi anda.?
    a.No HP c.Email
    b.Pin BB d.Dll

    BalasHapus
  16. artikel yang sangat bagus gan, ijin share seputar excel ya gan. cara mengatasi penjumlahan error di excel https://www.youtube.com/watch?v=K9MiiXSiBLs

    BalasHapus
  17. mksih gan buat ilmu nya,sngat brmanffat buat user awam sprti sy

    BalasHapus
  18. Anggaplah rata2 ada di sel D4 maka rumusnya: =if(D4<7,"kurang",if(D4=7,"baik","baiksekali")) unt setiap tanda koma jika tidak mau maka harus digantikan titik koma ;

    BalasHapus
  19. "Gan mau tanya?
    Kalo rumus utk ngitung persoalan ini gimana Gan...
    Sebuah mesin konsumsi bbm per jam 60 liter
    Kalo mesin bekerja selama 5 jam 25 menit
    Berapa liter bahan bakar yg diperlukan selama mesin bekerja??
    Mohon bantuannya Gan
    Terima kasih "
    =========================
    A ! B ! C
    -------------------------------------------
    1 ! JAM ! MENIT ! BBM
    2 ! 1 ! 0 ! 60
    3 ! 5 ! 25 ! =C2*A3+C2/60*B3
    Hasil = 325
    ------------------------------------------------
    Penjelasan :

    ! = Batas Cell
    60 = 1 jam adalah 60 menit

    ------------------ Semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  20. Harus gunakan if(and.
    Kalau diliat dari rumus di atas, semua ya <=100 kan.
    Jadi harus dibuat batas bawah dan batas atas.
    =if(and(b4>80;b4<=100;"A";if(and(b4>60;b4<=80;"b";"c")))
    Semoga membantu.

    BalasHapus
  21. =IF(AND(C4<=7);"BAIK;IF(AND(C4>7);"BAIK SEKALI"
    catatan: C4 pada rumus merupakan contoh/kolom letak objek logikanya. Semoga bermanfaat masbrow.

    BalasHapus
  22. Ane bingung, mau ketik kata di mana, gue masih bingung apa yang harus saya lakukan,

    BalasHapus
  23. Ane bingung, mau ketik kata di mana, gue masih bingung apa yang harus saya lakukan,

    BalasHapus
  24. Keren mas, saya sudah coba rumus 1-5 kebetulan tugas sekolah, makasih sudah berbagi.

    inovatorsblog.blogspot.com

    BalasHapus
  25. kalo rumus penjumlahan berdasarkan nama barang gimana gan rumusnya..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gunakan sumif, yang artinya jumlahkan dengan satu syarat.
      Atau sumifs bila syaratnya lebih dari satu.

      Hapus
  26. akan saya aplikasikan, smoga langsung bisa dan bermanfaat. terimakasih min.

    BalasHapus
  27. terimakasih Tutorialnya, sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  28. Makasih gan infonya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  29. Makasih gan infonya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  30. terima kasih banyak atas infonya
    salam persahabatan dari resep kita bersama
    blog resep masakan

    BalasHapus
  31. artikel yang bagus gan, ikut share ya..
    cara menghilangkan hasil error di penjumlahan excel
    https://www.youtube.com/watch?v=K9MiiXSiBLs

    BalasHapus
  32. Makasih ilmunya :) Sangat membantu

    BalasHapus
  33. terimakasih infonya membantu sekali...

    BalasHapus
  34. makasih min lumayan buat refresing di saat mulai2 agak lupa ...

    BalasHapus
  35. terima kasih sudah berbagi ilmu gan..

    BalasHapus
  36. Maaciiii anyak gan, muaccchhh😚😗 annyoenggg

    BalasHapus
  37. Maaciiii anyak gan, muaccchhh😚😗 annyoenggg

    BalasHapus
  38. ada beberapa rumus yang kurang tetap dalam uji coba . mohon diperbaiki

    BalasHapus
  39. Terima kasih gan sangat bermanfaat ilmunya dan dapat saya mengerti

    BalasHapus
  40. terima kasih sangat membantu gan,,tapi masih bingung dengan fungi if nya...

    BalasHapus
  41. Gan... bisa tlong di bantu untuk rumusnya gmn dgn permasalahan seperti jika lembur 1 sampai 2 jam tidak dapat uang makan tapi jika diatas 3 jam atau lebih dapat uang makan 10000. Tlong rumusnya gmn ya.... minta tlong jawabannya bisa di kirim lewat email di h.gytha@gmail.com. terima kasih

    BalasHapus
  42. maaf gan aku mau kasih saran cobak sih buatin contoh soal excel yang ada tabel bantunya
    terima kasih

    BalasHapus
  43. min,, maaf,, klau tuk merumus tgl lahir, contoh
    A1 020203, A2 nya mnjadi 02 Februari 2003,, gmna ya ,, mkasih

    BalasHapus
  44. makasih banyak min ! banyak banget ilmunyaa !

    BalasHapus
  45. Terima kasih atas infonya, sangat bermanfaat dan lebih memudahkan, tetapi di bagian logical test lumayan membingungkan awalnya, alhamdulillah bisa. sukses terus :)

    BalasHapus
  46. Itu yang if maksudnya apaan saya kurabg ngerti

    BalasHapus
  47. Saya masih bingung tentang penggunaan =if

    BalasHapus
  48. Bos klo buat rumusan togel bisa gak..

    BalasHapus
  49. Keren, semoga bisa bermanfaat buat yang lainnya

    BalasHapus
  50. Assalamualaikum.
    Terima kasih banyak atas ilmunya mas.
    Semoga Anda selalu diberkahi dan dirahmati oleh Allah S.W.T Amin..

    BalasHapus
  51. Terimakasih atas kebaikan saudara membagikan ilmu. Semoga saudara senantiasa dalam lindungan Allah.

    BalasHapus
  52. dengan tidak mengurangi rasa hormat saya, saya ingin menanyakan setelah dicoba berulang kali kok masih ga bisa kenapa ya, mohon bantuannya terima kasih

    BalasHapus
  53. Saya mau tanya nih,
    Bisakah microsoft excel hanya menjumlahkan bilangan bulatnya saja?
    Contoh
    78,35 + 92,36
    Kalau di jumlahkan hasinya = 170,71
    Yang saya inginkan jumlahnya = 170 yaitu hasil penjumlahan 78 + 92
    Persoalanya angka 78,35 dan 92,36 adalah hasil rata-rata dari beberapa cell, dan dinampakkan 78 dan 92 (pembulatan ke bawah) sehingga secara kasat mata jumlahnya adalah = 170. Namun oleh komputer hasilnya yang nsmpak adalah 171 yaitu pembulatan dari 170,71.
    Nah, yang saya inginkan hasilnya adalah 170 dan bukan 171.
    Mohon bantuannya, terimaksih.

    BalasHapus
  54. Saya mau tanya nih,
    Bisakah microsoft excel hanya menjumlahkan bilangan bulatnya saja?
    Contoh
    78,35 + 92,36
    Kalau di jumlahkan hasinya = 170,71
    Yang saya inginkan jumlahnya = 170 yaitu hasil penjumlahan 78 + 92
    Persoalanya angka 78,35 dan 92,36 adalah hasil rata-rata dari beberapa cell, dan dinampakkan 78 dan 92 (pembulatan ke bawah) sehingga secara kasat mata jumlahnya adalah = 170. Namun oleh komputer hasilnya yang nsmpak adalah 171 yaitu pembulatan dari 170,71.
    Nah, yang saya inginkan hasilnya adalah 170 dan bukan 171.
    Mohon bantuannya, terimaksih.

    BalasHapus
  55. Makasih ilmunya :) Sangat membantu

    BalasHapus
  56. bagaimana rumus menghitung jumlah lembar karcis? trimakasih

    BalasHapus
  57. BAGAIMANA CARA MENGGABUNGKAN DATA AGAR BS SALING BERHUBUNGAN SATU DENGAN YANG LAIN NYA

    BalasHapus
  58. https://youtu.be/AMujUxrU-eA

    dijamin puas

    BalasHapus
  59. https://youtu.be/AMujUxrU-eA

    Dijamin puas

    BalasHapus
  60. https://youtu.be/AMujUxrU-eA

    dijamin puas

    BalasHapus
  61. https://youtu.be/AMujUxrU-eA

    BalasHapus
  62. Terima kasih Sangat bermanfaat 😊

    BalasHapus
  63. Penjelasannya cukup jelas, terima kasih.

    BalasHapus
  64. Contentnya sangat bagus dan bermanfaat sekali, terima kasih.

    Info kuliah cepat berkualitas hanya di
    🌎 www.imandiri.id/pmb
    🌎www.stmik-im.ac.id
    🌎www.stan-im.ac.id

    BalasHapus
  65. Pengen sekali bisa paham tentang exel keseluruhan...
    Tapi keliatanya rumit gitu mau belajar....

    BalasHapus
  66. TERIMAKASIH BLOG ANDA SANGAT BERGUNA ,MAAF IJIN KOPY

    BalasHapus
  67. Terimakasih atas ilmunya

    hanya tuhan yang dapat membalas kebaikan anda

    BalasHapus
  68. bermanfaat juga ya guys

    BalasHapus
  69. Jika teman2 butuh angka jitu 2d 3d 4d di jamin 100% tembus saya sudah membuktikan saya di bantu sama mbah sero 4d dan 2d pengeluaran sgp sama hk sudah 3X putaran saya menang syukur alhamdulillah hutang2 saya semua pada lunas bagi yang mau menang seperti saya ini jalan yang bisa melunasi hutang dan masih banyak bantuan lainnya didalam blog mbah semuanya sudah di jelaskan atau silahkan buktikan sendiri dengan cara hubungi no 082_370_357_999 namanya mbah sero atau buka blog mbah

    Klik http di bawah ini
    http://pesugihantanpatumbal.blogspot.co.id

    BalasHapus
  70. bagus sekali, blok ini sangat bermanfaat.
    semoga berkah selalu di dapat si penulis.
    yerima kasih banyak..
    salam anak kayong utara

    BalasHapus
  71. Gan rumus untuk mangambil nilai max jadi nomor 1 sampai terakhir biar otamatis gmn y gan??
    .kaya misalkan urutan kejuaraan nilai yg tertinggi dy otomatis naik ke atas lengkap dengan namanya.
    Ijin infonya gan klau tau

    BalasHapus
  72. gan, tolong tanya. bagaimana cara agar rumus di excel bisa di buka di open office, TANPA ADA kekeliruan rumus di excel ke open office. Bagaimana cara nya ???

    BalasHapus
  73. Bagaimana nak kita nak buat sekiranya muka hadapan kita taip no ia akan membawa kepada pages seterusnya

    BalasHapus
  74. sangat bermanfaat,
    trimakasih min

    BalasHapus
  75. sangat bermanfaat,
    trimakasih min

    BalasHapus
  76. nice informasinya... senang bisa berkunjung di blognya
    http://essenaquatic.xyz

    BalasHapus
  77. Mantap....mudah banget dicerna..

    BalasHapus
  78. Terimakasih banyak infonya gan.. sangat lengkap

    BalasHapus
  79. Thanks mas sangat bermanfaat Lanjutkan

    BalasHapus
  80. Terima kasih, sangat bermanfaat untuk aku yang baru mau belajar MS.Exel 😃

    BalasHapus
  81. Lumayan bagus artikelnya bos smoga bermanpaat

    BalasHapus
  82. sangat membantu bagi para pemula dalam memulai pembelajaran program pengolah data Excek, semoga dengan artikel tsb semua dapat terbantu, amin

    cek artikel lainnya di Tutorial dan Tips Microsoft Word dan Excel

    BalasHapus
  83. Gan ane minta rumus dan contohnya lebih speksifikasi lgi untuk excel ; word dan power point

    BalasHapus
  84. =If(...>=7"BAIK SEKALI",IF(...=7"BAIK",IF(...<=7"KURANG BAIK")))

    BalasHapus
  85. makasih banyak min ilmunya, semoga berkah dunia akhirat aamiin

    BalasHapus
  86. Mohon bantuanya untuk memisahkan huruf dan angka pakai apa yaa misal
    1. Angga
    2. Bambang
    10 Dion
    Saya ingin cari rumus yang sama tapi nanti hasil yg no. 10 tidak ada sepadi didepan
    Karena jika pakai rumus MID nanti hasilnya ada spasi di depan

    Terimakasih

    BalasHapus
  87. Mohon bantuanya untuk memisahkan huruf dan angka pakai apa yaa misal
    1. Angga
    2. Bambang
    10 Dion
    Saya ingin cari rumus yang sama tapi nanti hasil yg no. 10 tidak ada sepadi didepan
    Karena jika pakai rumus MID nanti hasilnya ada spasi di depan

    Terimakasih

    BalasHapus
  88. Gimana caranya data excel di rubah ke micro table

    BalasHapus
  89. Sekian lama saya bermain togel baru kali ini saya
    benar-benar merasakan yang namanya kemenangan 4D.dan alhamdulillah saya dapat Rp.500.juta.dan semua ini berkat bantuan angka dari MBAH SANGKIL.karena cuma beliaulah yang memberikan angka ghoibnya,yang di jamin 100% tembus,awal saya bergabung hanya memasang Rp.50.ribu,karna saya gak terlalu percaya,ternyatah benar-benar
    tembus,dan kini saya gak ragu-ragu lagi untuk memasang
    angkanya,buat anda yang butuh angka yang dijamin tembus
    hubungi: MBAH SANGKIL di nomor hp: [=085=210=493=757=] insya allah beliau akan membantu kesusahan anda apalagi kalau anda terlilit hutang trima kasih........



















    Sekian lama saya bermain togel baru kali ini saya
    benar-benar merasakan yang namanya kemenangan 4D.dan alhamdulillah saya dapat Rp.500.juta.dan semua ini berkat bantuan angka dari MBAH SANGKIL.karena cuma beliaulah yang memberikan angka ghoibnya,yang di jamin 100% tembus,awal saya bergabung hanya memasang Rp.50.ribu,karna saya gak terlalu percaya,ternyatah benar-benar
    tembus,dan kini saya gak ragu-ragu lagi untuk memasang
    angkanya,buat anda yang butuh angka yang dijamin tembus
    hubungi: MBAH SANGKIL di nomor hp: [=085=210=493=757=] insya allah beliau akan membantu kesusahan anda apalagi kalau anda terlilit hutang trima kasih........

    BalasHapus
  90. Sangat bermanfaat lebih baik lagi jika ditambahkan gambar.
    My blog

    BalasHapus
  91. Maaf gan, saya masi bingung krn saya masi pemula dan belum tau sama skali komputer

    BalasHapus
  92. artikel yg menarik dan membantu. makasih min sangat membantu saya baru saja dapet pekerjaan. dan pekerjaan saya pake exel.. padahal saya ga bisa pake exel , akhirnya setelah saya baca blog ini jd bisa pake exel. makasih min artikelnya sangat membantu

    BalasHapus
  93. saya baru belajar,makasih gan

    BalasHapus
  94. Nonton Streaming Download Kumpulan Video Film Mesum Dewasa Bokep Asia Barat Indonesia Jepang Korea Terbaru Online.

    Bokep Asia

    Bokep Barat

    Bokep Indonesia

    Bokep Jepang

    Bokep Korea

    BalasHapus
  95. Nonton Streaming Download Kumpulan Video Film Mesum Dewasa Bokep Asia Barat Indonesia Jepang Korea Terbaru Online.

    Bokep Asia

    Bokep Barat

    Bokep Indonesia

    Bokep Jepang

    Bokep Korea

    BalasHapus
  96. Kurung buka tutup itu pnjumlahannya..

    BalasHapus
  97. Izin nemepel link buat ngalahin rangkingnya ni artikel.. luar biasa kuat rangking artikel nya kak... sangat lengkap....
    Ini baca juga kawan kawan artikel dari kami
    https://www.advernesia.com/excel/

    Kalo ga salah masih #3 tepat dibawah artikel ni di Google

    BalasHapus
  98. nah ini pelajaran kalo di smk agak sulit buat saya sampe sekarang masih sedikit yang bisa saya tahu tentang excel

    BalasHapus
  99. Terimakasih banyak infonya ...

    BalasHapus
  100. Diketahui : 1 Jam = 60 Liter
    10 Menit = 10 Liter

    Dit : Berapa liter yg di butuhkan dalam 5 Jam 25 Menit

    Jawab : 5 Jam*60Liter = 300Liter

    25Menit=25Liter



    300Liter + 25 Liter = 325 Liter

    BalasHapus
  101. Rumus-rumusnya sudah cukup lengkap. Apalagi ditambah rumus-rumus excel yang lain. Semoga blognya diupdate kembali.

    BalasHapus
  102. Mau nanyak nihh gan, mau nanyak cara buat rumus excel untuk pencatatan jumlah barang dari tiap orang yg belanja di outlet, dan perorang nanti melaporkan pembelanjaannya tiap akhir bulan, nah untuk mengetahui pembelanjaan tiap orang itu minus nggknya gimana ya caranya.

    Mohon bantuannya

    BalasHapus
  103. Mau nanyak gan, mungkin bisa ngebantu, rumus excel untuk mencatat pembelanjaan tiap orang dioutlet, dan nanti tiap akhir bulan perorang melaporkan pembelanjaannya tadi selama satu bulan ke outlet.
    Nah caranya untuk mengetahui pembelanjaan tiap orang itu minus atau nggk gimana..
    Maksutnya minus pembelanjaannya gan..

    Mohon bantuannya

    BalasHapus
  104. Saya mau nanya,cara menjumlahkan 1 blok it gmn yah?
    Mis. Di blok A it sy punya A1-A100 gtu, nahvdri A1-A100 sy mau tambahin 2000,A1 + 2000;A2 + 2000;A3+2000 dst,cara cptny gmna yah?

    (Bukan mau jumlahin keseluruhan,tp stiap baris pengen ditambah 2000)

    BalasHapus
  105. terima kasih sangat membantu

    BalasHapus
  106. makasihnya. materinya sangat membantu

    BalasHapus
  107. makasih ya. materinya sangat membantu

    BalasHapus


  108. Terimakasih, artikelnya sangat bermanfaat sekali bagi saya.

    Jangan lupa juga kunjungi blog saya, terdapat pengetahuan tentang beberapa Hardware di
    http://alvianandersen.blogspot.com

    Dan jangan lupa juga kunjungi website kampus saya di
    http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  109. Masih pemula, masih sedikit bingung buat yang rumus if hehe

    BalasHapus
  110. Terimkasih ilmunya sangat bermanfaat untuk membantu pekerjaan saya

    BalasHapus
  111. Thank's gan.... bermanfaat banget ilmunya
    ditunggu contoh rumus2 yang lainny

    kunjungi juga blog saya di
    https://ayuyusnita.blogspot.com
    dan
    www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  112. Good lah mengingat yang sudah saya lupakan

    BalasHapus
  113. Kalau menyembunyikan angka nol gimana pak.

    BalasHapus
  114. Kalau menyembunyikan angka nol gimana pak.

    BalasHapus
  115. izin share gan, materinya cocok dengan yg saya ajar. Makasih.

    BalasHapus
  116. thx ya gan bwt ilmunya gan..
    membantu bgt bwt kerjaan


    Jangan lupa mampir ke
    https://eqriezky.mahasiswa.atmaluhur.ac.id

    dan Kunjungi Juga
    www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  117. thanks gan infonya sangat bermanfaat



    Jangan lupa mampir ke
    https://eqriezky.mahasiswa.atmaluhur.ac.id

    dan Kunjungi Juga
    www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  118. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  119. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  120. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  121. Hi!! Mampir ya di blog saya, di: https://kangalpan.blogspot.com
    Terima kasih...

    BalasHapus
  122. mohon petunjuk rumus untuk penghitungan berkut :
    jika k-2=48, k-1=38, k-0=28, d-2=38, d-1=28 dan t-0=18. mkash bnyak sblumx.

    BalasHapus
  123. =IF(H3<7,"KURANG",IF(H3=7,"BAIK",IF(H3>7,"BAIK SEKALI")))

    BalasHapus
  124. tanda kurungnya dibelakang kebanyakan ")))" tiga aja

    BalasHapus
  125. Sangat membantu min, namun masih sulit untuk di pahami secara langsung karena contoh kasus dan gambarnya tidak dilampirkan sesuai yang di jelaskan. Insyallah membantu :)

    BalasHapus
  126. Terima kasih banyak ya kakak sudah mau membagi ilmu nya, semoga kebaikan kakak di balas lebih baik lagi oleh Allah Swt, aamiin

    BalasHapus
  127. terimakasih tidak membantu sama sekali

    BalasHapus
  128. Walaupun teori dasar dan sederhana tetapi dari blog ini mdh dipahami dan sangat membantu

    BalasHapus
  129. Cool for the article, very interesting for readers Don't forget to see ours too. Thank you :
    LUDOQQ
    LINK LOGIN
    DAFTAR LUDOQQ
    LOGIN LUDOQQ
    MASUK LUDOQQ

    BalasHapus
  130. Ilmu nya bermanfaat gan

    Jangan lupa mampir ke sini ya https://bisril.info

    BalasHapus
  131. forum system like stackoverflow check this out and join with us! and get new experience!

    BalasHapus
  132. Coba Baca Tutorialnya Terus menerus mas

    BalasHapus

Posting Komentar